MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYIMAK TENTANG MENGIDENTIFIKASI UNSUR CERITA RAKYAT MELALUI MEDIA AUDIO VISUAL PADA SISWA KELAS V SDN LEMBANGSARI KECAMATAN KERTASARI KABUPATEN BANDUNG

CEP IKBAL ASSYADDIN, 085060055 (2016) MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYIMAK TENTANG MENGIDENTIFIKASI UNSUR CERITA RAKYAT MELALUI MEDIA AUDIO VISUAL PADA SISWA KELAS V SDN LEMBANGSARI KECAMATAN KERTASARI KABUPATEN BANDUNG. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img] Text
COVER cerita rakyat.docx

Download (32kB)
[img] Text
Lembar Pengesahan.docx

Download (15kB)
[img] Text
Lembar pernyataan.docx

Download (17kB)
[img] Text
motto.docx

Download (11kB)
[img] Text
Kata Pengantar & ucapan terimakasih.doc
Restricted to Repository staff only

Download (42kB)
[img] Text
Abstrak.docx

Download (19kB)
[img] Text
Daftar Isi.docx

Download (25kB)
[img] Text
BAB I cerita rakyat.docx

Download (46kB)
[img] Text
BAB II cerita rakyat.docx

Download (43kB)
[img] Text
BAB III Cerita Rakyat.docx
Restricted to Repository staff only

Download (117kB)
[img] Text
BAB IV cerita rakyat.docx
Restricted to Repository staff only

Download (199kB)
[img] Text
BAB V Cerita rakyat.docx
Restricted to Repository staff only

Download (27kB)
[img] Text
Daftar Pustak.docx

Download (23kB)
[img] Text
Riwayat Hidup.docx
Restricted to Repository staff only

Download (79kB)

Abstract

Berdasarkan hasil observasi di SDN Lembangsari Kecamatan Kertasari Kabupaten Bandung pada siswa Kelas V, temuan di lapangan menunjukan bahwa hasil belajar Bahasa Indonesia tentang mengidentifikasi unsure cerita rakyat masih belum mencapai nilai KKM yang telahditentukan dari 32 siswa hanya 37.5% atau 11 orang siswa yang telahmencapainilai KKM itupundengannilai yang kurang memuaskan, ini dikarenakan dalam pembelajaran guru masih minim menggunakan alat peraga dan pengadaan alat peragapun masih kurang di sekolah tersebut sehingga mempengaruhi cara belajar siswa apalagi dalam kemampuan menyimak siswa. Dengan hal tersebut penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menyimak dalam mengidentifikasi unsur cerita rakyat. Desain penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari 2 siklus. Setiap siklusnya meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Instrumen yang digunakan yaitu Lembar Keterlaksanaan Pembelajaran oleh Guru, Lembar Keterlaksanaan Pembelajaran Pada Siswa, Lembar Observasi, PedomanWawancara dan Catatan Lapangan. Setelah dilakukannya tindakan dengan penggunaan Media Audio Visual dalam pembelajaran sebanyak 2 siklus terjadi peningktan dalam pembelajaran. Diawali hasil keterlaksanaan pembelajaran oleh guru, pada siklus I yaitu 82.7 %,meningkat pada siklus II menjadi 97.3 %, lalu hasil keterlaksanaan pembelajaran pada siswa, pada siklus I yaitu 62.5 %, pada siklus II meningkat menjadi 90.6 %, dalam hasil belajar pun meningkat, pada siklus I siswa yang memenuhi nilai KKM yaitu sebanyak 71.8 % dan pada siklus II meningkat menjadi 93.8% dengan hasil yang cukup memuaskan. Hal ini dikarenakan penggunaan media audio visual sangat efektif digunakan dalam pembelajaran terutama dalam pembelajaran menyimak. Dengan menggunakan media tersebut siswa menjadi mempunyai pengalaman baru dalam pembelajaran di sekolahnya. Dengan demikian pembelajaran dengan menggunakan media audio visual dapat meningkatkan kemampuan menyimak siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia dengan materi mengidentifikasi unsure cerita rakyat di kelas V. Kata Kunci : Media Audio Visual, Meningkatkan Kemampuan Menyimak, Bahasa Indonesia, Cerita Rakyat

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2013
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 31 Oct 2016 19:23
Last Modified: 31 Oct 2016 19:23
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/13968

Actions (login required)

View Item View Item