LUSI SUSANTI, 115060268 (2016) PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN SIKAP KERJASAMA DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA TEMA INDAHNYA KEBERSAMAAN. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
Text
cover.docx Download (37kB) |
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN.docx Download (14kB) |
|
Text
MOTTO DAN PERSEMBAHAN.docx Download (39kB) |
|
Text
PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.docx Restricted to Repository staff only Download (16kB) |
|
Text
ABSTRAK.docx Download (14kB) |
|
Text
ABSTRACT.docx Download (12kB) |
|
Text
KATA PENGANTAR.docx Restricted to Repository staff only Download (15kB) |
|
Text
UCAPAN TERIMA KASIH.docx Restricted to Repository staff only Download (15kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.doc Restricted to Repository staff only Download (23kB) |
|
Text
BAB I.docx Download (37kB) |
|
Text
BAB II.docx Download (111kB) |
|
Text
BAB III.docx Restricted to Repository staff only Download (59kB) |
|
Text
BAB IV.docx Restricted to Repository staff only Download (268kB) |
|
Text
BAB V.docx Restricted to Repository staff only Download (17kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.docx Download (18kB) |
|
Text
RIWAYAT PENULIS.docx Restricted to Repository staff only Download (75kB) |
Abstract
Penelitian yang berjudul “Penggunaan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Sikap Kerjasama dan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Tema Indahnya Kebersamaan” dilatar belakangi karena adanya permasalahan di lapangan mengenai hasil belajar peserta didik yang sebagian besar belum mencapai ketuntasan serta kurangnya penerapan sikap kerjasama peserta didik selama proses pembelajaran. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor yaitu faktor peserta didik yang melakukan kegiatan diluar pembelajaran seperti mengobrol pada saat pembelajaran berlangsung, tidak memperhatikan, dan pada saat pembelajaran yang dilakukan secara berkelompok peserta didik hanya orang-orang tertentu yang mengerjakan tugas kelompok. Penelitian ini menggunakan model penelitian tindakan kelas, yang terdiri dari II siklus. Setiap siklus terdiri dari beberapa tindakan, perencanaa, pelaksanaan, analisis dan refleksi. Hasil dari penelitian siklus I menunjukan hasil belajar peserta didik mencapai presentase ketuntasan sebesar 64.3% dengan nilai rata-rata peserta didik 2.99 untuk nilai kerjasama peserta didik pada siklus I dikategorikan pada kategori (baik) dengan nilai rata-rata peserta didik 2.1. sedangkan siklus II yang merupakan perbaikan dari siklus I mengalami peningkatan hasil belajar sebesar 100% dengan nilai rata-rata peserta didik 3.3, dan untuk nilai kerjasama pada siklus II ini dikategorikan ke dalam kategori (sangat baik) dengan nilai rata-rata peserta didik 3.1. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran problem based learning dapat meningkatkan kerjasama dan hasil belajar peserta didik kelas IV SD Negeri 1 Parakanmanggu Pangandaran pada subtema keberagaman budaya bangsaku dan kebersamaan dalam keberagaman. Dengan demikian, model pembelajaran problem based learning dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif model pembelajaran untuk diterapkan pada pembelajaran tematik. Kata Kunci: kerjasama peserta didik, hasil belajar peserta didik, model pembelajaran problem based learning, subtema keberagaman budaya bangsaku dan kebersamaan dalam keberagaman.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2015 |
Depositing User: | Iyas - |
Date Deposited: | 02 Aug 2016 17:46 |
Last Modified: | 02 Aug 2016 17:46 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/7479 |
Actions (login required)
View Item |