Baltazar, Komang (2024) STRATEGI KOMUNIKASI DISKOMINFO JABAR MELALUI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM. Skripsi(S1) thesis, FISIP UNPAS.
Text
4. Abstrak.docx Download (18kB) |
||
|
Text
2. Lembar Persetujuan Skripsi.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
1.JUDUL (COVER).docx Download (61kB) |
||
Text
5. Abstract.docx Download (16kB) |
||
Text
6. RINGKESAN.docx Download (19kB) |
||
Text
7. KATA PENGANTAR.docx Download (23kB) |
||
Text
14. DAFTAR PUSTAKA.docx Download (20kB) |
||
Text
8. Daftar Isi.docx Download (27kB) |
||
Text
10. BAB II.docx Download (178kB) |
||
Text
9. BAB I.docx Download (477kB) |
Abstract
Penelitian ini berjudul “Strategi Komunikasi Diskominfo Jabar melalui Media Sosial Instagram.” Tujuan dan kegunaan penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana strategi komunikasi yang dilakukan oleh Diskominfo Jabar melalui media sosial Instagram sebagai media publikasi. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah kualitatif yang berfokus pada deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui studi kepustakaan, wawancara mendalam, studi dokumentasi. Teori yang digunakan pada penelitian ini yaitu teori Strategi Komunikasi menurut Hafied Cangara. Peneliti menyisipkan teori media (medium theory) sebagai penunjang penelitian. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa strategi komunikasi yang dilakukan oleh Diskominfo Jabar berjalan dengan baik. Dalam strategi komunikasi untuk menetapkan komunikator adalah yang memiliki latar belakang pendidikan Sarjana Ilmu Komunikasi, memiliki daya tarik, pembawaan luwes, dan tentunya memiliki kemampuan komunikasi yang baik dalam berinteraksi dengan khalayak. Dalam pelaksanaan strategi untuk menetapkan khalayak sasarannya, Diskominfo Jabar tidak melakukan pengkajian pada analisis kebutuhan khalayak secara spesifik dikarenakan sejak awal dibentuk oleh pemerintah sudah ditentukan bahwa Diskominfo Jabar memberikan layanan kepada para pegawai Pemprov dan masyarakat Jawa Barat. Diskominfo Jabar tidak melakukan pengkajian terhadap aspek – aspek secara spesifik untuk menentukan khalayak sasarannya tetapi dalam penyusunan pesannya, Diskominfo Jabar tetap memperhatikan aspek sosiodemografik seperti usia, pendidikan dan juga aspek karakteristik perilaku masyarakat mencakup kebiasaan yang dijalani dikehidupan masyarakat. Dalam strategi penyusunan pesan yang dilakukan Diskominfo Jabar untuk membangun interaksi dengan para pengikutnya di sosial media Instagram ialah berdasarkan tren dan kebutuhan masyarakat, dari teknik penyampaian pesannya Diskominfo Jabar sudah memasukan pesan yang bersifat informatif, edukatif, dan persuasif karena Diskominfo Jabar memang berkonsentrasi pada kegiatan atau hal yang berguna untuk masyarakat. Dalam strategi pemilihan media Diskominfo Jabar mempertimbangkan beberapa hal dalam memilih media, seperti mencari tau media sosial apa yang banyak digunakan oleh masyarakat terutama kalangan anak muda dan dewasa, mencari media yang efektif dan memiliki jangkauan yang luas seperti media sosial Instagram. Kata kunci : Instagram, Diskominfo Jabar, Strategi Komunikasi
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi 2024 |
Depositing User: | Drs Iwan Ridwan |
Date Deposited: | 16 Jul 2024 06:25 |
Last Modified: | 16 Jul 2024 06:25 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/69310 |
Actions (login required)
View Item |