PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PJBL) UNTUK MENUMBUHKAN SIKAP TEKUN DAN RASA INGIN TAHU MELALUI KETERAMPILAN MEMBUAT BINGKAI FOTO

RONY SEPTIAN, 105060073 (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PJBL) UNTUK MENUMBUHKAN SIKAP TEKUN DAN RASA INGIN TAHU MELALUI KETERAMPILAN MEMBUAT BINGKAI FOTO. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img] Text
1. cover.docx

Download (33kB)
[img] Text
2. lembar pengesahan.docx

Download (19kB)
[img] Text
3. motto persembahan.docx

Download (12kB)
[img] Text
4. pernyataan keaslian skripsi.docx

Download (13kB)
[img] Text
7. abstrak.docx

Download (19kB)
[img] Text
5. kata pengantar.docx

Download (19kB)
[img] Text
6. ucapan terimakasih.docx

Download (17kB)
[img] Text
8. daftar isi.docx

Download (26kB)
[img] Text
11. bab 1.rtf

Download (145kB)
[img] Text
12. bab 2.rtf

Download (881kB)
[img] Text
13. bab 3.rtf
Restricted to Repository staff only

Download (529kB)
[img] Text
14. bab 4.rtf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
[img] Text
16. daftar pustaka.docx

Download (19kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian tindakan kelas ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa di kelas IV SDN Cibadak 02. Melihat permasalahan ini, penulis bertujuan untuk menumbuhkan sikap tekun dan rasa ingin tahu siswa. Solusi tindakan yang penulis lakukan dalam permasalahan, yaitu mencoba dengan menerapkan model pembelajaran yang tepat dengan menggunakan Project Based Learning yang bertujuan memfokuskan siswa untuk saling belajar secara mandiri. Penelitian ini dinyatakan berhasil bila kualitas RPP memenuhi kriteria pada rubrik penilaian RPP, serta persentase ketercapaian pelaksanaan pembelajaran mencapai 80% dan berkualitas baik. Selain itu, jumlah siswa yang mendapat nilai tes berkategori BAIK mencapai 80%. Dan komponen afektif dan psikomotor yang diamati semuanya muncul dan berkualitas baik. Berdasarkan hasil penelitian tersebut diketahui bahwa penerapan model Project Based Learning untuk menumbuhkan sikap tekun dan rasa ingin tahu siswa di kelas IV SDN Cibadak 02 Baleendah Kabupaten Bandung. Persentase ketercapaian proses pelaksanaan pembelajaran siklus I adalah 87%, sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 92%. Nilai rata-rata pretes siswa pada siklus I adalah 60% dengan 49% siswa masuk kategori tuntas dan 51% dinyatakan belum tuntas, sedangkan pada siklus II persentasi nilai rata-rata meningkat menjadi 75% dengan 96% siswa masuk kategori tuntas, dan 4% dinyatakan belum tuntas. Dengan demikian indikator keberhasilan nilai postes telah tercapai. Kualitas kemampuan berpikir kreatif siswa pada siklus I masih belum berkualitas baik, namun pada siklus II kemampuan komunikasi siswa muncul dan berkualitas sangat baik. Begitu juga nilai PBKB siswa pada siklus I masih belum berkualitas baik, namun pada siklus II menunjukkan perubahan yang signifikan dan berkualitas baik. Respon siswa pada pembelajaran Subtema keberagaman budaya bangsaku menunjukkan minat yang baik. Berdasarkan hasil penelitian, penulis menyimpulkan bahwa dengan pemilihan model pembelajaran yeng tepat, dapat menumbuhkan sikap tekun dan rasa ingin tahu siswa pada aktivitas dan hasil belajar. Kata kunci : Sikap Tekun dan Rasa Ingin Tahu, Project based Learning OF COOP

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2014
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 22 Jul 2016 17:15
Last Modified: 22 Jul 2016 17:15
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/5789

Actions (login required)

View Item View Item