RONY SEPTIAN, 105060073 (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PJBL) UNTUK MENUMBUHKAN SIKAP TEKUN DAN RASA INGIN TAHU MELALUI KETERAMPILAN MEMBUAT BINGKAI FOTO. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
Text
1. cover.docx Download (33kB) |
|
Text
2. lembar pengesahan.docx Download (19kB) |
|
Text
3. motto persembahan.docx Download (12kB) |
|
Text
4. pernyataan keaslian skripsi.docx Download (13kB) |
|
Text
7. abstrak.docx Download (19kB) |
|
Text
5. kata pengantar.docx Download (19kB) |
|
Text
6. ucapan terimakasih.docx Download (17kB) |
|
Text
8. daftar isi.docx Download (26kB) |
|
Text
11. bab 1.rtf Download (145kB) |
|
Text
12. bab 2.rtf Download (881kB) |
|
Text
13. bab 3.rtf Restricted to Repository staff only Download (529kB) |
|
Text
14. bab 4.rtf Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
|
Text
16. daftar pustaka.docx Download (19kB) |
Abstract
ABSTRAK Penelitian tindakan kelas ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa di kelas IV SDN Cibadak 02. Melihat permasalahan ini, penulis bertujuan untuk menumbuhkan sikap tekun dan rasa ingin tahu siswa. Solusi tindakan yang penulis lakukan dalam permasalahan, yaitu mencoba dengan menerapkan model pembelajaran yang tepat dengan menggunakan Project Based Learning yang bertujuan memfokuskan siswa untuk saling belajar secara mandiri. Penelitian ini dinyatakan berhasil bila kualitas RPP memenuhi kriteria pada rubrik penilaian RPP, serta persentase ketercapaian pelaksanaan pembelajaran mencapai 80% dan berkualitas baik. Selain itu, jumlah siswa yang mendapat nilai tes berkategori BAIK mencapai 80%. Dan komponen afektif dan psikomotor yang diamati semuanya muncul dan berkualitas baik. Berdasarkan hasil penelitian tersebut diketahui bahwa penerapan model Project Based Learning untuk menumbuhkan sikap tekun dan rasa ingin tahu siswa di kelas IV SDN Cibadak 02 Baleendah Kabupaten Bandung. Persentase ketercapaian proses pelaksanaan pembelajaran siklus I adalah 87%, sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 92%. Nilai rata-rata pretes siswa pada siklus I adalah 60% dengan 49% siswa masuk kategori tuntas dan 51% dinyatakan belum tuntas, sedangkan pada siklus II persentasi nilai rata-rata meningkat menjadi 75% dengan 96% siswa masuk kategori tuntas, dan 4% dinyatakan belum tuntas. Dengan demikian indikator keberhasilan nilai postes telah tercapai. Kualitas kemampuan berpikir kreatif siswa pada siklus I masih belum berkualitas baik, namun pada siklus II kemampuan komunikasi siswa muncul dan berkualitas sangat baik. Begitu juga nilai PBKB siswa pada siklus I masih belum berkualitas baik, namun pada siklus II menunjukkan perubahan yang signifikan dan berkualitas baik. Respon siswa pada pembelajaran Subtema keberagaman budaya bangsaku menunjukkan minat yang baik. Berdasarkan hasil penelitian, penulis menyimpulkan bahwa dengan pemilihan model pembelajaran yeng tepat, dapat menumbuhkan sikap tekun dan rasa ingin tahu siswa pada aktivitas dan hasil belajar. Kata kunci : Sikap Tekun dan Rasa Ingin Tahu, Project based Learning OF COOP
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2014 |
Depositing User: | Iyas - |
Date Deposited: | 22 Jul 2016 17:15 |
Last Modified: | 22 Jul 2016 17:15 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/5789 |
Actions (login required)
View Item |