Pipih Nurhidayanti, NPM : 158060026 (2021) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION UNTUK MENGEMBANGKAN SELF REGULATED LEARNING SERTA DAMPAKNYA PADA PEMAHAMAN DAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SMA. Thesis(S2) thesis, PERPUSTAKAAN PASCASARJANA.
Text
COVER TESIS.docx Download (90kB) |
|
Text
ABSTRAK.docx Download (12kB) |
|
Text
BAB I tesis GI.docx Download (43kB) |
|
Text
bab II tesis GI.docx Download (49kB) |
|
Text
BAB III Tesis GI.docx Restricted to Repository staff only Download (88kB) |
|
Text
BAB IV TESIS GI.docx Restricted to Repository staff only Download (144kB) |
|
Text
BAB V TESIS GI.docx Restricted to Repository staff only Download (20kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.docx Download (25kB) |
Abstract
Pipih Nurhidayanti: Implementasi Pembelajaran Group Investigation untuk mengembangkan Self regulated Learning serta dampaknya terhadap Kemampuan Pemahaman dan komunikasi Matematis Siswa SMA Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis apakah pembelajaran matematika dengan Group Investigation untuk mengembangkan Self regulated Learning pada materi matriks efektif dalam mencapai kemampuan pemahaman dan komunikasi matematis. Populasi penelitian ini adalah Siswa di SMAN 1 Sukabumi. Sampel diambil dengan teknik purposif sampling, yaitu kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen (kelas group investigation) dan kelas XI IPA 2 sebagai kelas kontrol (kelas konvensional). Variabel penelitian ini diantaranya pembelajaran Group Investigation , Self-regulated learning, pemahaman matematis, dan komunikasi matematis. Metode penelitian yang diguanakan adalah mixed method dengan desain penelitiannya adalah tipe penyisip (The Embedded Design). Instrumen penelitiannya terdiri dari instrumen tes dan non tes, yaitu tes pemahaman dan komunikasi matematis sedangkan non tes yaitu observasi, wawancara, Skala Likert Self-Regulated Learning. Data diolah dengan bantuan software SPSS 21.0 dan Excel 2007. Analisis data menggunakan uji t dan uji regresi. Hasil penelitian aktivitas belajar dengan pembelajaran Group Investigation menunjukkan kriteria baik. Pemahaman matematis siswa yang menggunakan pembelajaran Group Investigation lebih baik daripada pembelajaran konvensional. Komunikasi matematis siswa yang menggunakan pembelajaran Group Investigation lebih baik daripada pembelajaran konvensional. Self-Regulated Learning siswa yang menggunakan pembelajaran Group Investigation lebih baik daripada pembelajaran konvensional. Pada uji regresi menunjukan tidak adanya pengaruh positif antara pembelajaran Group Investigation dengan mengembangkan Self-Regulated Learning terhadap pemahaman matematis maupun komunikasi matematis. Pada uji kolerasi antara pemahaman matematis dengan komunikasi matematis teedapat pengaruh yang positif antara keduanya. Berdasarkan hasil analisis disimpulkan pembelajaran matematika dengan pembelajaran Group Investigation dengan mengembangkan self-regulated learning, pemahaman dan komunikasi matematis merupakan pembelajaran yang efektif. Kata kunci: Pembelajaran Group Investigation (GI) , Self-Regulated Learning (SRL), pemahaman matematis, komunikasi matematis
Item Type: | Thesis (Thesis(S2)) |
---|---|
Subjects: | RESEARCH REPORT |
Divisions: | Pascasarjana > S2-Pendidikan Matematika 2021 |
Depositing User: | Mrs Lusiawati - |
Date Deposited: | 08 Dec 2021 03:01 |
Last Modified: | 08 Dec 2021 03:01 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/54441 |
Actions (login required)
View Item |