PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN METAKOGNITIF UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH, PENALARAN MATEMATIS DAN SELF EFFICACY MATEMATIS SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA

LILIS MULYANI, NPM : 158060039 (2021) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN METAKOGNITIF UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH, PENALARAN MATEMATIS DAN SELF EFFICACY MATEMATIS SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA. Thesis(S2) thesis, PERPUSTAKAAN PASCASARJANA.

[img] Text
1 JUDUL.docx

Download (55kB)
[img] Text
3 ABSTRAK .docx

Download (21kB)
[img] Text
4 BAB I.docx

Download (38kB)
[img] Text
5 BAB II.docx

Download (71kB)
[img] Text
6 BAB III.docx
Restricted to Repository staff only

Download (66kB)
[img] Text
7 BAB IV hasil bu lilis revisi.docx
Restricted to Repository staff only

Download (301kB)
[img] Text
8 BAB V.docx
Restricted to Repository staff only

Download (22kB)
[img] Text
9 DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (29kB)

Abstract

Lilis Mulyani, (2018), Penerapan Strategi Pembelajaran Metakognitif Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah, Penalaran Matematis siswa dan Self Efficacy siswa SMP. Penelitian ini bermaksud untuk mengkaji masalah peningkatan kemampuan pemecahan masalah dan penalaran matematis siswa serta self efficacy siswa melalui strategi pembelajaran metakognitif. Metode penelitian ini adalah mix method tipe embedded design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Plered, adapun sampel yang dipilih adalah kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII E sebagai kelas kontrol. Instrumen dalam penelitian ini berupa tes dan non tes. Tes yang digunakan berupa tes kemampuan pemecahan masalah dan tes penalaran matematis sebanyak delapan butir soal. Non tes yang digunakan berupa angket skala self efficacy, lembar observasi dan wawancara. Hasil penelitian ini adalah; 1) Kemampuan pemecahan masalah siswa yang memperoleh strategi pembelajaran metakognitif peningkatannya lebih baik dari pada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional. 2) Kemampuan penalaran matematis yang memperoleh strategi pembelajaran metakognitif mengalami peningkatan yang lebih baik dari pada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional. 3) Self Efficacy siswa setelah menggunakan strategi pembelajaran metakognitif secara keseluruhan dinyatakan mampu menyatakan bahwa merasa lebih merasa yakin dalam menyelesaikan permasalahan matematika yang diberikan. 4) terdapat hubungan positif dan searah antara kemampuan pemecahan masalah, dan penalaran matematis pada pembelajaran metakognitif dan pembelajaran konvensional. 5) Terdapat hubungan positif dan searah antara kemampuan pemecahan masalah, dan self efficacy pada pembelajaran metakognitif dan pembelajarankonvensional. 6) Terdapat hubungan positif dan searah antara kemampuan penalaran dan self efficacy pada pembelajaran metakognitif dan pembelajarankonvensional Kata Kunci: Pemecahan Masalah, Penalaran Matematis, Self Efficacy, Metakognitif.

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Pendidikan Matematika 2021
Depositing User: Mrs Lusiawati -
Date Deposited: 09 Oct 2021 03:26
Last Modified: 09 Oct 2021 03:26
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/52974

Actions (login required)

View Item View Item