PEMBELAJARAN MENGIDENTIFIKASI UNSUR STRUKTUR TEKS EKSPOSISI BERFOKUS PADA PERNYATAAN PENDAPAT (TESIS) DENGAN MENGGUNAKAN METODE DIRECTED READING THINKING ACTIVITY (DRTA)

TRI NUR FATIKHAH, 115030126 (2016) PEMBELAJARAN MENGIDENTIFIKASI UNSUR STRUKTUR TEKS EKSPOSISI BERFOKUS PADA PERNYATAAN PENDAPAT (TESIS) DENGAN MENGGUNAKAN METODE DIRECTED READING THINKING ACTIVITY (DRTA). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img] Text
1. coverrr+lembar pengesahan-tika.docx

Download (66kB)
[img] Text
1. COVER-tika.docx

Download (57kB)
[img] Text
1. COVER-tika.docx

Download (57kB)
[img] Text
2.MOTO-tika.docx

Download (12kB)
[img] Text
3. PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI-tika.docx

Download (15kB)
[img] Text
4. KATA PENGANTAR-tika.docx

Download (19kB)
[img] Text
5. UCAPAN TERIMA KASIH-tika.docx

Download (22kB)
[img] Text
6. ABSTRAK Ind.-tika.docx

Download (19kB)
[img] Text
7. DAFTAR ISI-tika.docx

Download (21kB)
[img] Text
BAB I REVISI-tika.docx

Download (29kB)
[img] Text
BAB II-tika.docx

Download (55kB)
[img] Text
BAB III-tika.docx

Download (32kB)
[img] Text
BAB IV 2-tika.docx
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
BAB V-tika.docx
Restricted to Repository staff only

Download (22kB)
[img] Text
7. DAFTAR ISI-tika.docx

Download (21kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA 1,2,3.docx

Download (18kB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.docx

Download (32kB)

Abstract

ABSTRAK Mengidentifikasiadalahsuatu proses mengurutkanataumenjabarkaninformasidalamparagrafmaupunbentuktulisan lain. Metodedirected reading thinking activity (DRTA) adalahsuatustrategi yang mem-fokuskanketerlibatansiswadalammemprediksidanmembuktikanprediksinyaketikamerekamembacateks. Berdasarkanpenjelasantersebut, penulistertarikuntukmelakukanpenelitiandenganjudul “PembelajaranMengidentifikasiUnsurStrukturTeksEksposisiBerfokuspadaPernyataanPendapat (Tesis) denganMenggunakanMetodeDirected Reading Thinking Activity (DRTA) padaSiswaKelas X SMK Negeri 4 Bandung TahunPelajaran 2015/216”. Rumusanmasalah yang penulisajukanadalah: (1) Apakahpenulismampumelak-sanakanpembalajaranmengidentifikasitekseksposisi yang berfokuspadapernyataanpendapat (tesis) melaluimetodeDirected Reading-Thinking Activitypadasiswakelas X SMKN 4 Bandung? (2) Apakahsiswakelas X SMKN 4 Bandung mampumengidentifikasipernyataanpendapatdalamtekseksposisimelaluimetodeDirected Reading-Thinking Activity? (3) EfektifkahmetodeDirected Reading-Thinking Activitydigunakandalampem-belajaranmengidentifikasitekseksposisi yang berfokuspasapernyataanpendapat (tesis) padasiswakelas X SMKN 4 Bandung? Hipotesis yang penulisrumuskanadalahsebagaiberikut. (1) Penulismampumelaksanakanpembelajaranmengidentifikasiunsurstrukturtekseksposisi yang berfokuspadapernyataanpendapat (tesis) denganmenggunakanmetodeDirected Reading-Thinking Activitypadasiswakelas X SMKN 4 Bandung tahunpelajaran 2014-2015. (2) Siswakelas X SMKN 4 Bandung tahunpelajaran 2014-2015 mampumengidentifikasiunsurstrukturtekseksposisi yang berfokuspadapernyataanpendapat (tesis) denganmenggunakanmetodeDirected Reading-Thinking Activity. (3) MetodeDirected Reading-Thinking Activityefektifdigunakandalampembelajaranmengidentifikasiunsurstrukturtekseksposisi yang berfokuspadapernyataanpendapatpadasiswakelas X SMKN 4 Bandung. Berdasarkanpengolahan data penelitian yang telahdilakukan, penulismenyim-pulkanhal-halsebagaiberikut. 1. Penulismampumelaksanakanpembelajaranmengidentifikasiunsurstrukturtekseksposisiberfokuspadapernyataanpendapat (tesis) denganmenggunakanmetodedirected reading thinking activity (drta). Hal inidibuktikandenganhasil yang diperolehpenulisdalampersiapandanpelaksanaanpembelajaranyaitudengannilai3,52dantermasukpadakategoribaiksekali. 2. Siswakelas X SMK Negeri 4 Bandung mampumengidentifikasiunsurstrukturtekseksposisiberfokuspadapernyataanpendapat (tesis) denganmenggunakanmetodedirected reading thinking activity (drta). Hal initerbuktidarinilaipretest 0,9dannilai rata-rata posttest 3,2. Sehinggaselisihnilai rata-rata pretest danposttest yaitusebesar2,3. 3. Metodedirected reading thinking activityefektifdigunakandalampembelajaranmengidentifikasiunsurstrukturtekseksposisipadasiswakelas X. Hal initerbuktidarihasilperhitunganstatistik manual dengandiperolehthitung>ttabelyaitu 4,46> 2,06. Dalamtingkatkepercayaan 95% tarafsignifikan 5% danderajatkebebasan 23. Dengandemikian, penulismenyimpulkanpembelajaranmengidentifikasiunsurstrukturtekseksposisi yang berfokuspadapernyataanpendapat (tesis) denganmenggunakanmetodedirected reading thinking activity (DRTA) berhasildenganbaik. Kata kunci: Pembelajaran, Mengidentifikasi, TeksEksposisi, MetodeDirected Reading

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2014
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 28 Jun 2016 09:30
Last Modified: 28 Jun 2016 09:30
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/5173

Actions (login required)

View Item View Item