TRI NUR FATIKHAH, 115030126 (2016) PEMBELAJARAN MENGIDENTIFIKASI UNSUR STRUKTUR TEKS EKSPOSISI BERFOKUS PADA PERNYATAAN PENDAPAT (TESIS) DENGAN MENGGUNAKAN METODE DIRECTED READING THINKING ACTIVITY (DRTA). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
![]() |
Text
1. coverrr+lembar pengesahan-tika.docx Download (66kB) |
![]() |
Text
1. COVER-tika.docx Download (57kB) |
![]() |
Text
1. COVER-tika.docx Download (57kB) |
![]() |
Text
2.MOTO-tika.docx Download (12kB) |
![]() |
Text
3. PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI-tika.docx Download (15kB) |
![]() |
Text
4. KATA PENGANTAR-tika.docx Download (19kB) |
![]() |
Text
5. UCAPAN TERIMA KASIH-tika.docx Download (22kB) |
![]() |
Text
6. ABSTRAK Ind.-tika.docx Download (19kB) |
![]() |
Text
7. DAFTAR ISI-tika.docx Download (21kB) |
![]() |
Text
BAB I REVISI-tika.docx Download (29kB) |
![]() |
Text
BAB II-tika.docx Download (55kB) |
![]() |
Text
BAB III-tika.docx Download (32kB) |
![]() |
Text
BAB IV 2-tika.docx Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
![]() |
Text
BAB V-tika.docx Restricted to Repository staff only Download (22kB) |
![]() |
Text
7. DAFTAR ISI-tika.docx Download (21kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA 1,2,3.docx Download (18kB) |
![]() |
Text
RIWAYAT HIDUP.docx Download (32kB) |
Abstract
ABSTRAK Mengidentifikasiadalahsuatu proses mengurutkanataumenjabarkaninformasidalamparagrafmaupunbentuktulisan lain. Metodedirected reading thinking activity (DRTA) adalahsuatustrategi yang mem-fokuskanketerlibatansiswadalammemprediksidanmembuktikanprediksinyaketikamerekamembacateks. Berdasarkanpenjelasantersebut, penulistertarikuntukmelakukanpenelitiandenganjudul “PembelajaranMengidentifikasiUnsurStrukturTeksEksposisiBerfokuspadaPernyataanPendapat (Tesis) denganMenggunakanMetodeDirected Reading Thinking Activity (DRTA) padaSiswaKelas X SMK Negeri 4 Bandung TahunPelajaran 2015/216”. Rumusanmasalah yang penulisajukanadalah: (1) Apakahpenulismampumelak-sanakanpembalajaranmengidentifikasitekseksposisi yang berfokuspadapernyataanpendapat (tesis) melaluimetodeDirected Reading-Thinking Activitypadasiswakelas X SMKN 4 Bandung? (2) Apakahsiswakelas X SMKN 4 Bandung mampumengidentifikasipernyataanpendapatdalamtekseksposisimelaluimetodeDirected Reading-Thinking Activity? (3) EfektifkahmetodeDirected Reading-Thinking Activitydigunakandalampem-belajaranmengidentifikasitekseksposisi yang berfokuspasapernyataanpendapat (tesis) padasiswakelas X SMKN 4 Bandung? Hipotesis yang penulisrumuskanadalahsebagaiberikut. (1) Penulismampumelaksanakanpembelajaranmengidentifikasiunsurstrukturtekseksposisi yang berfokuspadapernyataanpendapat (tesis) denganmenggunakanmetodeDirected Reading-Thinking Activitypadasiswakelas X SMKN 4 Bandung tahunpelajaran 2014-2015. (2) Siswakelas X SMKN 4 Bandung tahunpelajaran 2014-2015 mampumengidentifikasiunsurstrukturtekseksposisi yang berfokuspadapernyataanpendapat (tesis) denganmenggunakanmetodeDirected Reading-Thinking Activity. (3) MetodeDirected Reading-Thinking Activityefektifdigunakandalampembelajaranmengidentifikasiunsurstrukturtekseksposisi yang berfokuspadapernyataanpendapatpadasiswakelas X SMKN 4 Bandung. Berdasarkanpengolahan data penelitian yang telahdilakukan, penulismenyim-pulkanhal-halsebagaiberikut. 1. Penulismampumelaksanakanpembelajaranmengidentifikasiunsurstrukturtekseksposisiberfokuspadapernyataanpendapat (tesis) denganmenggunakanmetodedirected reading thinking activity (drta). Hal inidibuktikandenganhasil yang diperolehpenulisdalampersiapandanpelaksanaanpembelajaranyaitudengannilai3,52dantermasukpadakategoribaiksekali. 2. Siswakelas X SMK Negeri 4 Bandung mampumengidentifikasiunsurstrukturtekseksposisiberfokuspadapernyataanpendapat (tesis) denganmenggunakanmetodedirected reading thinking activity (drta). Hal initerbuktidarinilaipretest 0,9dannilai rata-rata posttest 3,2. Sehinggaselisihnilai rata-rata pretest danposttest yaitusebesar2,3. 3. Metodedirected reading thinking activityefektifdigunakandalampembelajaranmengidentifikasiunsurstrukturtekseksposisipadasiswakelas X. Hal initerbuktidarihasilperhitunganstatistik manual dengandiperolehthitung>ttabelyaitu 4,46> 2,06. Dalamtingkatkepercayaan 95% tarafsignifikan 5% danderajatkebebasan 23. Dengandemikian, penulismenyimpulkanpembelajaranmengidentifikasiunsurstrukturtekseksposisi yang berfokuspadapernyataanpendapat (tesis) denganmenggunakanmetodedirected reading thinking activity (DRTA) berhasildenganbaik. Kata kunci: Pembelajaran, Mengidentifikasi, TeksEksposisi, MetodeDirected Reading
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2014 |
Depositing User: | mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 28 Jun 2016 09:30 |
Last Modified: | 28 Jun 2016 09:30 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/5173 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |