TRI NUR FATIKHAH, 115030126 (2016) PEMBELAJARAN MENGIDENTIFIKASI UNSUR STRUKTUR TEKS EKSPOSISI BERFOKUS PADA PERNYATAAN PENDAPAT (TESIS) DENGAN MENGGUNAKAN METODE DIRECTED READING THINKING ACTIVITY (DRTA). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
Text
1. coverrr+lembar pengesahan-tika.docx Download (66kB) |
|
Text
1. COVER-tika.docx Download (57kB) |
|
Text
1. COVER-tika.docx Download (57kB) |
|
Text
2.MOTO-tika.docx Download (12kB) |
|
Text
3. PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI-tika.docx Download (15kB) |
|
Text
4. KATA PENGANTAR-tika.docx Download (19kB) |
|
Text
5. UCAPAN TERIMA KASIH-tika.docx Download (22kB) |
|
Text
6. ABSTRAK Ind.-tika.docx Download (19kB) |
|
Text
7. DAFTAR ISI-tika.docx Download (21kB) |
|
Text
BAB I REVISI-tika.docx Download (29kB) |
|
Text
BAB II-tika.docx Download (55kB) |
|
Text
BAB III-tika.docx Download (32kB) |
|
Text
BAB IV 2-tika.docx Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
Text
BAB V-tika.docx Restricted to Repository staff only Download (22kB) |
|
Text
7. DAFTAR ISI-tika.docx Download (21kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA 1,2,3.docx Download (18kB) |
|
Text
RIWAYAT HIDUP.docx Download (32kB) |
Abstract
ABSTRAK Mengidentifikasiadalahsuatu proses mengurutkanataumenjabarkaninformasidalamparagrafmaupunbentuktulisan lain. Metodedirected reading thinking activity (DRTA) adalahsuatustrategi yang mem-fokuskanketerlibatansiswadalammemprediksidanmembuktikanprediksinyaketikamerekamembacateks. Berdasarkanpenjelasantersebut, penulistertarikuntukmelakukanpenelitiandenganjudul “PembelajaranMengidentifikasiUnsurStrukturTeksEksposisiBerfokuspadaPernyataanPendapat (Tesis) denganMenggunakanMetodeDirected Reading Thinking Activity (DRTA) padaSiswaKelas X SMK Negeri 4 Bandung TahunPelajaran 2015/216”. Rumusanmasalah yang penulisajukanadalah: (1) Apakahpenulismampumelak-sanakanpembalajaranmengidentifikasitekseksposisi yang berfokuspadapernyataanpendapat (tesis) melaluimetodeDirected Reading-Thinking Activitypadasiswakelas X SMKN 4 Bandung? (2) Apakahsiswakelas X SMKN 4 Bandung mampumengidentifikasipernyataanpendapatdalamtekseksposisimelaluimetodeDirected Reading-Thinking Activity? (3) EfektifkahmetodeDirected Reading-Thinking Activitydigunakandalampem-belajaranmengidentifikasitekseksposisi yang berfokuspasapernyataanpendapat (tesis) padasiswakelas X SMKN 4 Bandung? Hipotesis yang penulisrumuskanadalahsebagaiberikut. (1) Penulismampumelaksanakanpembelajaranmengidentifikasiunsurstrukturtekseksposisi yang berfokuspadapernyataanpendapat (tesis) denganmenggunakanmetodeDirected Reading-Thinking Activitypadasiswakelas X SMKN 4 Bandung tahunpelajaran 2014-2015. (2) Siswakelas X SMKN 4 Bandung tahunpelajaran 2014-2015 mampumengidentifikasiunsurstrukturtekseksposisi yang berfokuspadapernyataanpendapat (tesis) denganmenggunakanmetodeDirected Reading-Thinking Activity. (3) MetodeDirected Reading-Thinking Activityefektifdigunakandalampembelajaranmengidentifikasiunsurstrukturtekseksposisi yang berfokuspadapernyataanpendapatpadasiswakelas X SMKN 4 Bandung. Berdasarkanpengolahan data penelitian yang telahdilakukan, penulismenyim-pulkanhal-halsebagaiberikut. 1. Penulismampumelaksanakanpembelajaranmengidentifikasiunsurstrukturtekseksposisiberfokuspadapernyataanpendapat (tesis) denganmenggunakanmetodedirected reading thinking activity (drta). Hal inidibuktikandenganhasil yang diperolehpenulisdalampersiapandanpelaksanaanpembelajaranyaitudengannilai3,52dantermasukpadakategoribaiksekali. 2. Siswakelas X SMK Negeri 4 Bandung mampumengidentifikasiunsurstrukturtekseksposisiberfokuspadapernyataanpendapat (tesis) denganmenggunakanmetodedirected reading thinking activity (drta). Hal initerbuktidarinilaipretest 0,9dannilai rata-rata posttest 3,2. Sehinggaselisihnilai rata-rata pretest danposttest yaitusebesar2,3. 3. Metodedirected reading thinking activityefektifdigunakandalampembelajaranmengidentifikasiunsurstrukturtekseksposisipadasiswakelas X. Hal initerbuktidarihasilperhitunganstatistik manual dengandiperolehthitung>ttabelyaitu 4,46> 2,06. Dalamtingkatkepercayaan 95% tarafsignifikan 5% danderajatkebebasan 23. Dengandemikian, penulismenyimpulkanpembelajaranmengidentifikasiunsurstrukturtekseksposisi yang berfokuspadapernyataanpendapat (tesis) denganmenggunakanmetodedirected reading thinking activity (DRTA) berhasildenganbaik. Kata kunci: Pembelajaran, Mengidentifikasi, TeksEksposisi, MetodeDirected Reading
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2014 |
Depositing User: | mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 28 Jun 2016 09:30 |
Last Modified: | 28 Jun 2016 09:30 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/5173 |
Actions (login required)
View Item |