NIDA SHOLIHAH, 125060170 (2016) PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN IPS. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
Text
1 cover skripsi.docx Download (40kB) |
|
Text
8 Abstrak.docx Download (19kB) |
|
Text
BAB I halaman 1.docx Download (14kB) |
|
Text
BAB I lanjutan.docx Download (28kB) |
|
Text
BAB II halaman 15.docx Download (13kB) |
|
Text
BAB II lanjutan.docx Download (41kB) |
|
Text
BAB III halaman 38.docx Restricted to Repository staff only Download (14kB) |
|
Text
BAB III lanjutan.docx Restricted to Repository staff only Download (54kB) |
|
Text
BAB IV halaman 59.docx Restricted to Repository staff only Download (15kB) |
|
Text
BAB IV lanjutan.docx Restricted to Repository staff only Download (210kB) |
|
Text
BAB V halaman 108.docx Restricted to Repository staff only Download (14kB) |
|
Text
BAB V lanjutan.docx Restricted to Repository staff only Download (17kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.docx Download (15kB) |
Abstract
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui media audio visual dalam pembelajaran IPS pada materi kegiatan ekonomi dalam memanfaatkan sumber daya alam. Penelitian tindakan kelas dilaksanakan di kelas IV SDN Astakrama. Penelitian ini dilatar belakangi dengan keadaan siswa di kelas IV SDN Astakrama yang memiliki hasil belajar kurang memuaskan dikarenakan guru sering menggunakan metode ceramah konvensional, sedangkan dengan model-model pembelajaran yang lain khususnya media audio visual belum pernah dilaksanakan. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan desain penelitian model Kemmis dan Mc. Taggart. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Dalam tiap siklusnya dilaksanakan kegiatan pembelajaran dengan menggunakan media audio visual. Subjek penelitiannya adalah siswa kelas IV SDN Astakrama yang berjumlah 31 siswa. Pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi dan hasil tes. Data hasil observasi yang terdiri dari hasil observasi kinerja guru, angket siswa serta soal pretes dan postes untuk mengukur keberhasilan dalam pembelajaran IPS dengan menggunakan media audio visual. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media audio visual dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Dilihat dari rata-rata siklus I sampai siklus II, yaitu pada siklus I hasil belajar siswa 69,84 dengan kategori cukup baik dan siklus II 82,90 dengan kategori sangat baik. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini bahwa penggunaan Media Audio Visual mampu meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS materi kegiatan ekonomi dalam memanfaatkan sumber daya alam di kelas IV Sekolah Dasar. Dengan demikian, penggunaan Media Audio Visual dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif media pembelajaran untuk diterapkan di kelas salah satunya di pembelajaran IPS. Kata kunci: Media Audio Visual dan Hasil Belajar.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2016 |
Depositing User: | Iyas - |
Date Deposited: | 31 Aug 2016 19:03 |
Last Modified: | 31 Aug 2016 19:03 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/9727 |
Actions (login required)
View Item |