PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN IPS

NIDA SHOLIHAH, 125060170 (2016) PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN IPS. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img] Text
1 cover skripsi.docx

Download (40kB)
[img] Text
8 Abstrak.docx

Download (19kB)
[img] Text
BAB I halaman 1.docx

Download (14kB)
[img] Text
BAB I lanjutan.docx

Download (28kB)
[img] Text
BAB II halaman 15.docx

Download (13kB)
[img] Text
BAB II lanjutan.docx

Download (41kB)
[img] Text
BAB III halaman 38.docx
Restricted to Repository staff only

Download (14kB)
[img] Text
BAB III lanjutan.docx
Restricted to Repository staff only

Download (54kB)
[img] Text
BAB IV halaman 59.docx
Restricted to Repository staff only

Download (15kB)
[img] Text
BAB IV lanjutan.docx
Restricted to Repository staff only

Download (210kB)
[img] Text
BAB V halaman 108.docx
Restricted to Repository staff only

Download (14kB)
[img] Text
BAB V lanjutan.docx
Restricted to Repository staff only

Download (17kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (15kB)

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui media audio visual dalam pembelajaran IPS pada materi kegiatan ekonomi dalam memanfaatkan sumber daya alam. Penelitian tindakan kelas dilaksanakan di kelas IV SDN Astakrama. Penelitian ini dilatar belakangi dengan keadaan siswa di kelas IV SDN Astakrama yang memiliki hasil belajar kurang memuaskan dikarenakan guru sering menggunakan metode ceramah konvensional, sedangkan dengan model-model pembelajaran yang lain khususnya media audio visual belum pernah dilaksanakan. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan desain penelitian model Kemmis dan Mc. Taggart. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Dalam tiap siklusnya dilaksanakan kegiatan pembelajaran dengan menggunakan media audio visual. Subjek penelitiannya adalah siswa kelas IV SDN Astakrama yang berjumlah 31 siswa. Pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi dan hasil tes. Data hasil observasi yang terdiri dari hasil observasi kinerja guru, angket siswa serta soal pretes dan postes untuk mengukur keberhasilan dalam pembelajaran IPS dengan menggunakan media audio visual. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media audio visual dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Dilihat dari rata-rata siklus I sampai siklus II, yaitu pada siklus I hasil belajar siswa 69,84 dengan kategori cukup baik dan siklus II 82,90 dengan kategori sangat baik. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini bahwa penggunaan Media Audio Visual mampu meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS materi kegiatan ekonomi dalam memanfaatkan sumber daya alam di kelas IV Sekolah Dasar. Dengan demikian, penggunaan Media Audio Visual dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif media pembelajaran untuk diterapkan di kelas salah satunya di pembelajaran IPS. Kata kunci: Media Audio Visual dan Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2016
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 31 Aug 2016 19:03
Last Modified: 31 Aug 2016 19:03
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/9727

Actions (login required)

View Item View Item