RENSY OKTAVIANA NASUTION, 115060326 (2016) PENGGUNAAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN SIKAP RASA INGIN TAHU DAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPA. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
Text
COVER.docx Download (147kB) |
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN SKRIPSI.docx Restricted to Repository staff only Download (15kB) |
|
Text
MOTTO HIDUP.docx Restricted to Repository staff only Download (13kB) |
|
Text
LEMBAR PERNYATAAN.docx Restricted to Repository staff only Download (13kB) |
|
Text
ABSTRAK.docx Download (16kB) |
|
Text
KATA PENGANTAR.docx Restricted to Repository staff only Download (17kB) |
|
Text
LEMBAR UCAPAN TERIMAKASIH.docx Restricted to Repository staff only Download (16kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.docx Restricted to Repository staff only Download (21kB) |
|
Text
BAB 1.docx Download (18kB) |
|
Text
BAB II.docx Download (14kB) |
|
Text
BAB III.docx Restricted to Repository staff only Download (15kB) |
|
Text
BAB IV.docx Restricted to Repository staff only Download (16kB) |
|
Text
BAB V.docx Download (17kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.docx Download (15kB) |
|
Text
DAFTAR RIWAYAT HIDUP.docx Restricted to Repository staff only Download (99kB) |
Abstract
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini bertujuan untuk memperbaiki kualitas pembelajaran di SD Negeri Coblong Bandung, khususnya di kelas IV pada mata pelajaran IPA tentang Alat Indera Manusia dengan menggunakan model pembelajaran Discovery Learning. Penelitian ini dilatar belakangi dengan adanya masalah yang peneliti temukan pada saat melaksanakan observasi. Permasalahan tersebut yaitu adanya penurunan sikap rasa ingin tahu dan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan mengetahui sikap rasa ingin tahu dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Coblong Bandung dalam pembelajaran IPA pada materi Alat Indera Manusia melalui model Discovery Learning. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklusnya terdiri dari dua kali pertemuan pembelajaran. Adapun tahapan dalam penelitian yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, analisis, dan refleksi. Isntrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa lembar observasi dan tes evaluasi hasil belajar. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan sikap rasa ingin tahu dan hasil belajar siswa pada setiap siklusnya. Dari sikap rasa ingin tahu siswa pada siklus I siswa yang memperoleh ketuntasan sebesar 68,42% dengan kategori baik, selanjutnya pada siklus II siswa yang memperoleh ketuntasan sebesar 84,86% dengan kategori sangat baik, sedangkan hasil belajar siswa pada siklus I dengan jumlah siswa 38 siswa yang mencapai KKM 76,30%, selanjutnya pada siklus II terdapat peningkatan siswa yang mencapai KKM sebesar 92,00%. Dari penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa pembelajaran IPA dengan menggunakan model pembelajaran Discovery Learning dapat meningkatkan sikap rasa ingin tahu dan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri Coblong Bandung pada mata pelajaran IPA tentang Alat Indera Manusia. Kata Kunci: Rasa Ingin Tahu, Hasil Belajar Siswa, Model Pembelajaran, Discovery Learning.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2015 |
Depositing User: | Iyas - |
Date Deposited: | 16 Aug 2016 18:52 |
Last Modified: | 16 Aug 2016 18:52 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/9455 |
Actions (login required)
View Item |