REZKY INTANI YULISKA, 115060126 (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING PADA SUBTEMA MANUSIA DAN LINGKUNGAN UNTUK MENINGKATKAN SIKAP PERCAYA DIRI DAN HASIL BELAJAR SISWA. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
Text
Cover dan lembar pengesahan.docx Restricted to Repository staff only Download (148kB) |
|
Text
Motto dan Persembahan.docx Restricted to Repository staff only Download (241kB) |
|
Text
PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.docx Restricted to Repository staff only Download (11kB) |
|
Text
Abstrak.docx Download (13kB) |
|
Text
KATA PENGANTAR dan daftar isi.docx Restricted to Repository staff only Download (36kB) |
|
Text
UCAPAN TERIMA KASIH.docx Restricted to Repository staff only Download (17kB) |
|
Text
BAB I, halaman 1.docx Download (14kB) |
|
Text
BAB I, halaman 1 onli.docx Download (14kB) |
|
Text
bab 1 halaman 2 dst.docx Download (38kB) |
|
Text
BAB II, halamam 20.docx Download (14kB) |
|
Text
BAB II hal 21 dst.docx Download (60kB) |
|
Text
BAB III, halaman 52.docx Restricted to Repository staff only Download (14kB) |
|
Text
Bab III, halaman 53 dst.docx Restricted to Repository staff only Download (92kB) |
|
Text
BAB IV, hal 76.docx Restricted to Repository staff only Download (14kB) |
|
Text
BAB IV hal 77 dst.docx Restricted to Repository staff only Download (230kB) |
|
Text
BAB V halaman 125.docx Restricted to Repository staff only Download (14kB) |
|
Text
BAB V 126 dst.docx Restricted to Repository staff only Download (16kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.docx Download (14kB) |
|
Text
Daftar pustaka part 2.docx Download (13kB) |
|
Text
RIWAYAT HIDUP.docx Restricted to Repository staff only Download (53kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh beberapa permasalahan diantaranya sebagian besar siswa belum mencapai Ketuntasan Kriteria Minimal (KKM) yang diharapkan, pembelajaran tidak interaktif, kurangnya sikap percaya diri pada diri siswa, guru masih mendominasi kegiatan pembelajaran sementara siswa masih pasif. Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh gambaran penggunaan model pembelajaran PBL, untuk mengimplementasikan model pembelajaran PBL dalam pembelajaran tematik, untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa selama pembelajaran dengan model pembelajaran PBL, untuk meningkatkan aktivitas guru selama melaksanakan pembelajaran dengan model PBL, dan untuk meningkatkan sikap percaya diri dan hasil belajar siswa setelah mengikuti proses pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran PBL. Model pembelajaran PBL adalah suatu pendekatan pembelajaran yang dimulai dengan menyelesaikan suatu masalah, tetapi untuk menyelesaikan masalah itu siswa memerlukan pengetahuan baru untuk menyelesaikannya. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dalam dua siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SDN Asmi sebanyak 36 siswa. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan peningkatan sikap percaya diri dan hasil belajar siswa pada setiap siklusnya. Hasil penelitian pada siklus I persentase hasil belajar siswa adalah 63,89% mencapai KKM dan persentase penilaian sikap percaya diri siswa 83,89%. Sedangkan pada siklus II diperoleh persentase hasil belajar siswa adalah 88,89% mencapai KKM dan persentase penilaian sikap percaya diri 96,67%. Berdasarkan analisis data hasil penelitian yang diperoleh dilapangan maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning pada pembelajaran tematik dapat meningkatkan sikap percaya diri dan hasil belajar siswa kelas V SDN Asmi Bandung. Demikian pembelajaran PBL dapat dijadikan sebagai alat bantu untuk meningkatkan sikap percaya diri dan hasil belajar siswa di kelas V sekolah dasar. Kata kunci: Problem Based Learning (PBL), Sikap Percaya Diri dan Hasil Belajar Siswa
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2015 |
Depositing User: | Iyas - |
Date Deposited: | 16 Aug 2016 14:01 |
Last Modified: | 16 Aug 2016 14:01 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/9398 |
Actions (login required)
View Item |