FAUZIYAH DEWI MELATI, 115060298 (2016) PENGGUNAAN MODEL DISCOVERY LEARNING DALAM MENINGKATKAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS V SDN PASIR NENGRE PADA PEMBELAJARAN IPS MATERI KERAGAMAN SUKU BANGSA DAN BUDAYA DI INDONESIA. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
Text
1. cover.docx Download (50kB) |
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.docx Restricted to Repository staff only Download (16kB) |
|
Text
3. PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.docx Restricted to Repository staff only Download (14kB) |
|
Text
4. KATA PENGANTAR.docx Restricted to Repository staff only Download (21kB) |
|
Text
5. UCAPAN TERIMAKASIH.docx Restricted to Repository staff only Download (26kB) |
|
Text
6. ABSTRAK.docx Download (23kB) |
|
Text
7. DAFTAR ISI.docx Restricted to Repository staff only Download (27kB) |
|
Text
12. BAB I (lanjutan).docx Download (18kB) |
|
Text
12. BAB I.docx Download (30kB) |
|
Text
13. BAB II (lanjutan).docx Download (19kB) |
|
Text
13. BAB II.docx Download (504kB) |
|
Text
14. BAB III (lanjutan).docx Restricted to Repository staff only Download (18kB) |
|
Text
14. BAB III.docx Restricted to Repository staff only Download (79kB) |
|
Text
15. BAB IV (lanjutan).docx Restricted to Repository staff only Download (17kB) |
|
Text
15. BAB IV.docx Restricted to Repository staff only Download (160kB) |
|
Text
16. BAB V (lanjutan).docx Restricted to Repository staff only Download (18kB) |
|
Text
16. BAB V.docx Restricted to Repository staff only Download (23kB) |
|
Text
17. DAFTAR PUSTAKA (lanjutan).docx Download (21kB) |
|
Text
17. DAFTAR PUSTAKA.docx Download (20kB) |
|
Text
RIWAYAT HIDUP.docx Restricted to Repository staff only Download (58kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi dengan sulitnya siswa ketika diminta bertanya dan menjawab pertanyaan, siswa merasa cukup ketika diberikan materi oleh guru dan tidak ada tanggapan atau sanggahan dari siswa atas pendapat yang mereka miliki ketika proses pembelajaran. Hal ini juga dibuktikan dengan rendahnya hasil belajar siswa. Masih banyak siswa yang memperoleh nilai yang tidak memenuhi nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Penelitian ini difokuskan pada upaya peningkatan berpikir kritis siswa melalui penerapan model Discovery Learning. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan gambaran kemampuan berpikir siswa dalam kegiatan pembelajaran dengan menggunakan model discovery learning. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Penelitian Tindakan Kelas yang mengadaptasi model Kemmis dan Mc. Taggart. Penelitian ini dilaksanakan dengan dua siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa-siswi kelas V-A SDN Pasir Nengre yang berjumlah 22 orang. Berdasarkan hasil penelitian yang dilaksanakan di SDN Pasir Nengre Kabupaten Bandung, penggunaan model discovery learning dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa, ini dibuktikan dengan adanya peningkatan pada siklus I rata-rata aspek bertanya sebesar1,42 dan siklus kedua menjadi 2,2, aspek menjawab sebesar 1,52 menjadi 2, dan aspek menganalisis rata-ratanya 1,1 menjadi 1,5. Hal ini menandakan siswa sudah mampu berpikir kritis, dan terlihat siswa sudah berani bertanya dan menjawab serta menganalisis. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, penerapan model discovery learning pada pembelajaran IPS materi keragaman suku bangsa dan budaya dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Maka dari itu, diharapkan model discovery learning dapat senantiasa diterapkan dalam pembelajaran IPS maupun dalam mata pelajaran lainnya. Kata Kunci: Model Discovery Learning,Kemampuan Berpikir Kritis
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2015 |
Depositing User: | Iyas - |
Date Deposited: | 11 Aug 2016 20:09 |
Last Modified: | 11 Aug 2016 20:09 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/8595 |
Actions (login required)
View Item |