RINI KURNIAWATI, 115060148 (2016) PENERAPAN MODEL STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DALAM MATA PELAJARAN PKN MATERI JENIS-JENIS ORGANISASI PADA SISWA KELAS V (Penelitian Tindakan Kelas Pada Mata Pelajaran PKN di Kelas V SDN Angkasa 08 Kabupaten Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
Text
cover .docx Download (55kB) |
|
Text
lembar pengesahan.docx Restricted to Repository staff only Download (17kB) |
|
Text
surat pernyataan.docx Restricted to Repository staff only Download (16kB) |
|
Text
abstrak benar.docx Download (21kB) |
|
Text
KATA PENGANTAR skrip.docx Restricted to Repository staff only Download (34kB) |
|
Text
ucapan terimakasih.docx Restricted to Repository staff only Download (22kB) |
|
Text
Daftar isi.docx Restricted to Repository staff only Download (24kB) |
|
Text
BAB 1.docx Download (51kB) |
|
Text
BAB 2.docx Download (164kB) |
|
Text
BAB 3.docx Restricted to Repository staff only Download (67kB) |
|
Text
bab 4 .docx Restricted to Repository staff only Download (211kB) |
|
Text
BAB 5.docx Restricted to Repository staff only Download (20kB) |
|
Text
dapus keseluruhan.docx Download (20kB) |
|
Text
Riwayat Hidup.docx Restricted to Repository staff only Download (106kB) |
Abstract
Mata pelajaran PKN merupakan mata pelajaran yang bertujuan untuk mengembangkan pengetahuan dan wawasan kewarganegaraan, nilai komitmen dan sikap kewarganegaraan serta perangkat keterampilan intelektual, sosial dan personal kewarganegaraan. Penelitian ini dilakukan berdasarkan temuan masalah berupa rendahnya hasil belajar PKN siswa kelas V SDN Angkasa 08 materi jenis-jenis organisasi. Data awal hasil belajar siswa yaitu 14% yang telah mencapai KKM 75. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran STAD (Student Teams Achievement Divisions) pada materi jenis-jenis organisasi dalam rangka meningkatkan hasil belajar PKN. Penelitian ini dilaksanakan di kelas V SDN Angkasa 08 Kabupaten Bandung. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan 3 siklus, pada setiap siklusnya terdiri dari satu kali pertemuan yang terdiri dari beberapa kegiatan, antara lain : perencanaan, pelaksanaan tindakan penelitian, pengamatan/analisis data dan refleksi. Hasil belajar peserta didik diukur dengan menggunakan instrumen penilaian produk yang terdiri dari pretest dan posttest. Standar penilaian didasarkan pada pencapaian KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) yang ditetapkan yaitu 75. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar PKN peserta siswa V SDN Angkasa 08 mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Pada pretest siklus I sebanyak 6 orang siswa yang tuntas mencapai KKM 75 dengan presentase 21%. Sedangkan pada posttest siklus I, sebanyak 9 siswa telah tuntas dengan pertsentase 31%. Pada pretest siklus II sebanyak 12 orang siswa yang tuntas mencapai KKM 75 dengan presentase 41%. Sedangkan pada posttest siklus II, sebanyak 14 siswa telah tuntas dengan pertsentase 48%. Pada pretest siklus III sebanyak 22 siswa tuntas mencapai KKM 75 dengan presentase 76% sedangkan pada posttest siklus III, sebanyak 25 siswa tuntas mencapai KKM 75 dengan presentase 86%. Dapat disimpulkan bahwa mata pelajaran PKN dengan menggunakan STAD (Student Teams Achievement Divisions) dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas V SDN Angkasa 08 Kabupaten Bandung. Kata Kunci : Hasil Belajar, STAD (Student Teams Achievement Divisions).
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2015 |
Depositing User: | Iyas - |
Date Deposited: | 09 Aug 2016 15:44 |
Last Modified: | 09 Aug 2016 15:44 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/8236 |
Actions (login required)
View Item |