MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS SISWA DAN HASIL BELAJAR KELAS 5 MELALUI PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE DENGAN PENGGUNAAN ALAT PERAGA DALAM PEMBELAJARAN IPA

TENI NUR APRIYANI, 115060342 (2016) MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS SISWA DAN HASIL BELAJAR KELAS 5 MELALUI PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE DENGAN PENGGUNAAN ALAT PERAGA DALAM PEMBELAJARAN IPA. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img] Text
COVER SKRIPSI.docx

Download (16kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.docx
Restricted to Repository staff only

Download (12kB)
[img] Text
MOTTO DAN PERSEMBAHAN.docx
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.docx
Restricted to Repository staff only

Download (12kB)
[img] Text
ABSTRAK.docx

Download (17kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.docx
Restricted to Repository staff only

Download (19kB)
[img] Text
BAB I SKRIPSI.docx

Download (33kB)
[img] Text
BAB II SKRIPSI.docx

Download (107kB)
[img] Text
BAB III (2).docx
Restricted to Repository staff only

Download (58kB)
[img] Text
BAB IV.docx
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.docx
Restricted to Repository staff only

Download (17kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (13kB)
[img] Text
DAFTAR RIWAYAT HIDUP.docx
Restricted to Repository staff only

Download (338kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan berpikir kritis dan hasil belajar siswa kelas V terhadap pembelajaran IPApada materi sifat-sifat cahaya yang dilatar belakangi oleh masih rendahnya berpikir kritis dan hasil belajar siswa terhadap materi pembelajaran tersebutDesai penelitian ini menggunakan model Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari II siklus. Setiap siklusnya meliputi tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan berpikir kritis dan hasil belajar siswa yang terlihat dari hasil belajar menunjukkan peningkatan setiap tes. Hasil pretes menunjukkan siswa yang mencapai nilai KKM hanya berjumlah sebesar 33%, sedangkan hasil posttest siklus I menunjukkan peningkatan 17%. Hasil protest siklus I menunjukan peningkatan berjumlah sebesar 50% dari tes awal (pretest). Hasil postes siklus II menunjukkan peningkatan yang cukup signifikan, siklus II siswa yang mencapai nilai KKM sebanyak 86,8%, terjadi peningkatan sebesar 36,8% dari hasil posttest siklus I. Sedangkan untuk hasil penilaian berpikir kritis siswa yang menyatakan dirinya berpikir kritis dalam belajar pada siklus I yaitu 78%. Pada siklus II 88,97% siswa yang menyatakan dirinya berpikir kritis dalam belajar. Artinya adanya peningkatan berpikir kritis yang dirasakan siswa sendiri setelah mengikuti proses pembelajaran dengan menggunakanmodel pembelajaran Think Pair Share.Sementara aktivitas siswa terhadap pembelajaran terlihat efektif, hal tersebut terlihat dari keajtifan siswa dalam proses pembelajaran, siswa berperan aktif dalam diskusi dan penggunaan alat peraga. Respon siswa terhadap pembelajaran sangat positif, siswa bersemangat dan merasa senang dalam pembelajaran dan mampu menguasai kelas. Dengan demikian kesimpulan dalam penelitian adalah peningkatan berpikir kritis dan hasil belajar siswa dari hasil pretest sampai pelaksanaan posttest siklus I dan posttest siklus II menunjukkan peningkatan yang baik, hasil pelaksanaan posttest siklus II menunjukkan siswa yang mencapai KKM sebanyak 86,%, hal tersebot melebihi target yang ditentukan penulis yaitu 80%. Kata Kunci : Think Pair share, Berpikir kritis, Hasil belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2015
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 09 Aug 2016 14:47
Last Modified: 09 Aug 2016 14:47
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/8208

Actions (login required)

View Item View Item