MENINGKATKAN KERJASAMA DAN HASIL BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN IPS PADA MATERI MENGENAL KERAGAMAN KENAMPAKAN ALAM DAN BUATAN DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PICTURE AND PICTURE

Tena Imaniar, 115060027 (2016) MENINGKATKAN KERJASAMA DAN HASIL BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN IPS PADA MATERI MENGENAL KERAGAMAN KENAMPAKAN ALAM DAN BUATAN DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PICTURE AND PICTURE. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img] Text
COVER SKRIPSI.docx

Download (36kB)
[img] Text
1. LEMBAR, MOTO, PERNYATAAN.docx
Restricted to Repository staff only

Download (17kB)
[img] Text
Abstract english.docx

Download (13kB)
[img] Text
2. AKAPEN, ABSTRAK.docx

Download (17kB)
[img] Text
2. DAFTAR ISI SKRIPSI.docx
Restricted to Repository staff only

Download (24kB)
[img] Text
3. BAB I.docx

Download (31kB)
[img] Text
4. BAB II.docx

Download (39kB)
[img] Text
5. BAB III.docx
Restricted to Repository staff only

Download (50kB)
[img] Text
6. BAB IV.docx
Restricted to Repository staff only

Download (185kB)
[img] Text
9. BAB V.docx
Restricted to Repository staff only

Download (18kB)
[img] Text
10. DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (19kB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.docx
Restricted to Repository staff only

Download (56kB)

Abstract

Berdasarkan hasil observasi di kelas V SDN Banjaran VI, ditemukan permasalah dalam pembelajaran diantaranya yaitu, keterampilan guru rendah, kerjasama siswa rendah dan hasil belajar siswa yang kurang memuaskan. Untuk mengatasi permasalah tersebut, diterapkan model Picture and Picture dalam pembelajaran IPS tentang materi mengenal keragaman kenampakan alam dan buatan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan guru, kerjasama siswa dan meningkatkan hasil belajar siswa melalui penggunaan model Picture and Picture. Penelitian tindakan ini dilaksanakan dalam dua siklus penelitian, masing-masing siklus terdiri dari 2 pertemuan. Subjek penelitian ini adalah guru dan 30 siswa kelas V SDN Banjaran VI. Instrumen yang digunakan diantaranya lembar observasi, LKS, tes evaluasi, wawancara dan skala sikap kerjasama. Berdasarkan analisis data, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model Picture and Picture yang dilakukan selama dua siklus menunjukkan peningkatan kerjasama dan hasil belajar siswa pada setiap siklusnya. Dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa terdapat peningkatan dalam setiap siklusnya yaitu: siklus I tingkat kerjasama siswa sebesar 40% sedangkan hasil belajar siswa sebesar 73,3%. Siklus II tingkat kerjasama meningkat menjadi 76,6% dan hasil belajar siswa menjadi 93,3%. Siswa juga menunjukkan sikap positif terhaadp proses pembelajaran dengan menggunakan model Picture and Picture. Dengan demikian penggunaan model Picture and Picture dapat meningkatkan kerjasama dan hasil belajar siswa, serta dapat dijadikan sebagai salah satu alternative bagi guru untuk melakukan proses pembelajaran di kelas. Kata Kunci : Model Picture and Picture, Penelitian Tindakan Kelas, Pembelajaran IPS dan materi mengenal keragaman kenampakan alam dan buatan

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2015
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 08 Aug 2016 15:44
Last Modified: 08 Aug 2016 15:44
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/8149

Actions (login required)

View Item View Item