MIA PARAMITA NINGRUM, 115060196 (2016) PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN SIKAP HIDUP SEHAT DAN HASIL BELAJAR. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
Text
COVER SKRIPSI.docx Download (50kB) |
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN.docx Restricted to Repository staff only Download (16kB) |
|
Text
MOTTO DAN PERSEMBAHAN.docx Restricted to Repository staff only Download (17kB) |
|
Text
SURAT PERNYATAAN.docx Restricted to Repository staff only Download (15kB) |
|
Text
Abstrak.docx Download (16kB) |
|
Text
abstrak inggris.docx Download (16kB) |
|
Text
KATA PENGANTAR.docx Restricted to Repository staff only Download (85kB) |
|
Text
UCAPAN TERIMAKASIH.docx Restricted to Repository staff only Download (18kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.docx Restricted to Repository staff only Download (18kB) |
|
Text
BAB I .docx Download (35kB) |
|
Text
BAB II .docx Download (41kB) |
|
Text
BAB III .docx Restricted to Repository staff only Download (489kB) |
|
Text
BAB IV .docx Restricted to Repository staff only Download (216kB) |
|
Text
BAB V .docx Restricted to Repository staff only Download (19kB) |
|
Text
daptar pustaka.docx Download (21kB) |
|
Text
DAFTAR RIWAYAT HIDUP.docx Restricted to Repository staff only Download (148kB) |
Abstract
Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran Subtema Kebiasaan Makanku di SD Negeri Halimun Bandung khususnya di kelas IV dengan menerapkan model problem based learning. Peneltian ini dilatarbelakangi oleh hasil temuan dalam kegiatan observasi yang mendeskripsikan rendahnya sikap hidup sehat dan hasil belajar siswa yang belum memenuhi KKM yang telah ditetapkan. Penelitian Tindakan kelas ini berlangsung dalam 3 siklus, tiap siklus terdiri dari 4 tahap yakni perencanaan, pelaksanaan dan observasi, evaluasi dan analisis serta refleksi. Instrumen yang digunakan dalam peneltian ini adalah tes, lembar observasi, dan lembar pertanyaan. Dari hasil dan pembahasan diperoleh beberapa kesimpulan: Pertama,adanya peningkatan hasil belajar siswa dalam melakukan aktivitas pembelajaran, pada siklus 1 peserta didik berhasil meraih nilai rata-rata 65,70. Kedua,siklus 2 merupakan perbaikan dari siklus 1 dan hasil belajar peserta didik mengalami peningkatan. Peserta didik meraih nilai dengan rata-rata 74,30. Ketiga pelaksanaan siklus 3 merupakan perbaikan dari hasil belajar pada siklus 1 dan siklus 2, hasil belajar peserta didik mengalami peningkatan nilai rata-rata menjadi 77,70. Keempat Selain nilai dari siklus 1, 2, dan 3 diatas, sikap hidup sehat peserta didik pun mengalami peningkatan dengan rentang skala penilaian 1 – 4, siklus 1 memperoleh nilai rata-rata 2,20, mengalami peningkatan di siklus 2 menjadi 2,95 dan di siklus 3 menjadi 3,80. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penggunaan model problem based learning dapat meningkatkan sikap hidup sehat dan hasil belajar peserta didik pada subtema kebiasaan makanku. Dalam model pembelajaran ini, siswa dapat mengembangkan kemampuan mereka untuk memecahkan masalah yang telah diberikan. Maka,penggunaan model pembelajaran problem based learning dapat dijadikan sebagai salah satu pengenalan alternatif pembelajaran untuk diterapkan pada subtema manusia dan lingkungan di Sekolah Dasar. Kata Kunci : Problem Based Learning, Sikap Hidup Sehat, dan Hasil Belajar
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2015 |
Depositing User: | Iyas - |
Date Deposited: | 04 Aug 2016 13:12 |
Last Modified: | 04 Aug 2016 13:12 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/7917 |
Actions (login required)
View Item |