PEMBELAJARAN MENULIS TEKS CERITA PENDEK DENGAN MODEL RICOSRE BERBANTUAN MEDIA DORATOON PADA PESERTA DIDIK KELAS VII SMPN 35 BANDUNG

Yolanda Eka Futri, 215030024 (2025) PEMBELAJARAN MENULIS TEKS CERITA PENDEK DENGAN MODEL RICOSRE BERBANTUAN MEDIA DORATOON PADA PESERTA DIDIK KELAS VII SMPN 35 BANDUNG. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (82kB)
[img] Text
2. PENGESAHAN DAN PENGUJI.pdf

Download (206kB)
[img] Text
6. ABSTRAK.pdf

Download (71kB)
[img] Text
7. ABSTRACT.pdf

Download (68kB)
[img] Text
8. RINGKESAN.pdf

Download (68kB)
[img] Text
10. BAB I.pdf

Download (185kB)
[img] Text
11. BAB II.pdf

Download (323kB)
[img] Text
12. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (352kB)
[img] Text
13. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
14. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (144kB)
[img] Text
15. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (223kB)
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan menulis peserta didik. Hal ini terjadi karena kurang inovatifnya model dan media pembelajaran yang digunakan oleh pendidik. Salah satu model dan media pembelajaran yang bisa digunakan yakni model ricosre dan media doratoon. Tujuan dilaksanakannya penelitian ini untuk menguji kemampuan penulis dalam merencankan, melaksanakan, dan menilai pembelajaran dengan menggunakan model ricosre berbantuan media doratoon pada peserta didik kelas VII SMPN 35 Bandung, untuk menguji kemampaun peserta didik dalam menulis struktur dan kaidah kebahasaan, serta untuk menguji perbedaan kemampuan menulis teks cerita pendek. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode penelitian kuantitatif jenis penelitian non-equivalent control group design dan subjek penelitian terdiri dari 2 kelas. Hasil penelitian menunjukan: 1) penulis mampu merencanakan, melaksanakan, dan menilai pembelajaran menulis teks cerita pendek, dibuktikan dengan skor sebesar merencanakan 3,8 dan melaksanakan 3,7 dengan kategori sangat baik, 2) kemampuan peserta didik dalam menulis teks cerita pendek mengalami peningkatan yang signifikan, dibuktikan dengan nilai rata-rata kelas eksperimen pada prates 52,11 dan pascates 93,88, dan kelas kontrol pada prates 43,83 dan pascates 66,52, 3) model ricosre berbantuan media doratoon efektif digunakan pada pembelajaran menulis teks cerita pendek dengan dibuktikan pemeroleh nilai uji mann whitney menunjukan hasil asymp. Sig (2 tailed) yakni 0,00, < 0,05., terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kata kunci: pembelajaran menulis teks cerita pendek, model ricosre, media doratoon.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2025
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 22 Jul 2025 06:39
Last Modified: 22 Jul 2025 06:39
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/77106

Actions (login required)

View Item View Item