GANDRUNG ARUM SARI, 115060237 (2016) PENGGUNAAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENUMBUHKAN SIKAP KETELITIAN DAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN IPA. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
Text
COVER JUDUL.docx Download (39kB) |
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN.docx Restricted to Repository staff only Download (14kB) |
|
Text
MOTTO & PERSEMBAHAN.docx Restricted to Repository staff only Download (13kB) |
|
Text
PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.docx Restricted to Repository staff only Download (13kB) |
|
Text
ABSTRAK.docx Download (15kB) |
|
Text
ABSTRAK B. INGGRIS.docx Download (13kB) |
|
Text
KATA PENGANTAR.docx Restricted to Repository staff only Download (17kB) |
|
Text
UCAPAN TERIMA KASIH.docx Restricted to Repository staff only Download (16kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.docx Restricted to Repository staff only Download (23kB) |
|
Text
BAB I.docx Download (40kB) |
|
Text
BAB II.docx Download (57kB) |
|
Text
BAB III.docx Restricted to Repository staff only Download (89kB) |
|
Text
BAB IV.docx Restricted to Repository staff only Download (200kB) |
|
Text
BAB V.docx Restricted to Repository staff only Download (22kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.docx Download (14kB) |
|
Text
RIWAYAT HIDUP.docx Restricted to Repository staff only Download (68kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menumbuhkan sikap ketelitian dan hasil belajar untuk menggolongkan hewan berdasarkan jenis maakanannya di kelas IV SD Negeri Sukamaju Kecamatan Kertasari Kabupaten Bandung dengan menggunakan model Discovery Learning. Hal tersebut didasari oleh kurangnya sikap ketelitian siswa terhadap proses pembelajaran hal tersebut terbukti dari masih banyaknya kekurangan dalam penguasaan kerja tim ketika pembelajaran berlangsung. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan system siklus yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus. Teknik eveluasi yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik tes dan non tes. Teknik tes untuk mengetahui hasil belajar, dan teknik non tes untuk mengetahui sikap ketelitian siswa dan kinerja guru/peneliti. Sedangkan instumen penelitian yang digunakan, yaitu lembar pengukur ketepatan RPP, lembar alat penilaian kinerja guru/peneliti, lembar alat penilaian sikap siswa dalam pembelajaran, lembar alat penilaian prestasi belajar siswa, lembar wawancara peneliti dengan siswa, lembar wawancara peneliti dengan observer. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model Discovery Learning dapat menumbuhkan sikap ketelitian dan hasil belajar siswa. Hal tersebut dapat dilihat dari data awal respon siswa menunjukan presentase 50%, setelah melakukan penelitian siklus I sampai siklus II respon siswa terhadap hasil belajar meningakat menjadi 100%. Sedangkan untuk sikap ketelitian mengalami peningkatan dari awalnya 28% meningkat menjadi 88%. Dengan demikian, penggunaan model Discovery Learning dapat menumbuhkan sikap ketelitian dan hasil belajar siswa. Hal ini disebabkan dalam model Discovery Learning, siswa membuat suatu karya kreatif/kerajinan yang berupa penemuan dalam pembelajaran siswa belajar langsung dengan praktek kerja nyata. Dengan demikian siswa akan merasa terdorong untuk memecahkan masalah dengan suatu penemuan melalui pengalaman pribadi yang menarik. Kata kunci: Discovery Learning, sikap ketelitian, hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2015 |
Depositing User: | Iyas - |
Date Deposited: | 30 Jul 2016 18:10 |
Last Modified: | 30 Jul 2016 18:10 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/7106 |
Actions (login required)
View Item |