PENERAPAN METODE SUGGESTOPEDIA BERBANTUAN MEDIA MUSIK KONTEMPORER DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS CERITA PENDEK BERORIENTASI PADA KOMPLIKASI STRUKTUR KELAS X SMK PASUNDAN 1 BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2023/2024

BINA SITI AMALIA SALSA, 205030095 (2024) PENERAPAN METODE SUGGESTOPEDIA BERBANTUAN MEDIA MUSIK KONTEMPORER DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS CERITA PENDEK BERORIENTASI PADA KOMPLIKASI STRUKTUR KELAS X SMK PASUNDAN 1 BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2023/2024. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. Cover.pdf

Download (205kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Lembar pengesahan.pdf

Download (940kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. Abstrak.pdf

Download (198kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. Abstract.pdf

Download (199kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. Ringkesan.pdf

Download (199kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. Bab I.pdf

Download (355kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. Bab II.pdf

Download (490kB) | Preview
[img] Text
11. Bab III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (491kB)
[img] Text
12. Bab IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
13. Bab V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (332kB)
[img]
Preview
Text
14. Daftar Pustaka.pdf

Download (391kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilakukan karena adanya permasalahan peserta didik pada kemampuan menulis teks cerita pendek dan sulitnya membuat komplikasi pada bagian struktur cerpen. Faktor yang menyebabkan hal ini yaitu kurangnya penggunaan metode dan media pembelajaran yang kreatif dan informatif oleh pendidik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan penulis dalam merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran menulis teks cerita pendek menggunakan metode suggestopedia berbantuan media musik kontemporer pada peserta didik kelas X SMK Pasundan 1 Bandung serta untuk mengetahui kemampuan peserta didik kelas eksperimen dalam pembelajaran menulis cerpen berorientasi pada komplikasi struktur menggunakan metode suggetopedia berbantuan media musik kontemporer dan kelas kontrol tanpa menggunakan media. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuasi dengan rancangan tes awal dan tes akhir serta kelompok kontrol. Data yang dikumpulkan meliputi data Prates dan pascates dari peserta didik di kelas eksperimen dan kelas kontrol, yang merupakan peserta didik kelas X SMK Pasundan 1 Bandung. Hasil penelitian menunjukan bahwa kemampuan peserta didik meningkat dalam pembelajaran menulis teks cerpen dengan menggunakan metode suggestopedia berbantuan media musik kontemporer. Terdapat peningkatan rata-rata Prates dari nilai 66,08 menjadi 95,12 pada pascates di kelas eksperimen. Terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar peserta didik di kelas eksperimen dan kelas kontrol, dengan nilai rata-rata pascates kelas eksperimen sebesar 95,12 sedangkan kelas kontrol 80,08. Kata Kunci : Metode Suggestopedia, Pembelajaran menulis teks cerpen.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2024
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 26 Sep 2024 07:12
Last Modified: 26 Sep 2024 07:12
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/70662

Actions (login required)

View Item View Item