Fretysia, Miranty,205060008 (2024) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR (Penelitian Quasi Eksperimen Di kelas lV SDN 042 Gambir Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1. COVER DEPAN.pdf Download (267kB) | Preview |
|
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (423kB) | Preview |
|
|
Text
6. ABSTRAK.pdf Download (314kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB I.pdf Download (413kB) | Preview |
|
|
Text
9. BAB II.pdf Download (782kB) | Preview |
|
Text
10. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (814kB) |
||
Text
11. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (822kB) |
||
Text
12. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (350kB) |
||
|
Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (294kB) | Preview |
Abstract
Ada beberapa persoalan dalam mata pelajaran pendidikan, diantaranya persoalan proses pembelajaran yang kurang baik yang menyebabkan rendahnya kemmapuan berpikir kritis. Berpikir kritis merupakan keterampilan esensial yang wajib dikuasai siswa guna membangun pengetahuan mereka yang dimulai sejak mengenyam pendidikan dasar. Kemudian, peneliti menjadikan rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa untuk diteliti. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan, peningkatan, dan pengaruh model problem based learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa di kelas IV SDN 042 Gambir. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode quasi experiment dengan desain penelitian nonequivalent control group design. Penelitian ini menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas yang diberikan perlakuan dengan menggunakan model Problem Based Learning (PBL) dengan kelas yang menggunakan model konvensional dan memiliki efek yang besar dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Hal tersebut dibuktikan oleh uji-t pada nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,019 < 0,05, sehingga dikatakan terdapat perbedaan yang signifikan dan memiliki efek yang besar dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa yang dibuktikan oleh uji effect size sebesar 1,35 dengan interpretasi dalam kategori tinggi. Sehingga peneliti mendapat kesimpulan bahwa terdapatnya pengaruh penggunaan model problem based learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas iv sekolah dasar. Kata kunci : Problem Based Learning, Berpikir kritis.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2024 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 31 Aug 2024 07:23 |
Last Modified: | 31 Aug 2024 07:23 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/69669 |
Actions (login required)
View Item |