MUNANDAR, ADINDA RAHMAYUNITA (2024) PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS MELALUI DISCOVERY LEARNING DENGAN MIND MAPPING BERBANTUAN CHATGPT SERTA DAMPAKNYA TERHADAP SELF-CONFIDENCE SISWA. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
Cover 205050058_Adinda R.M_Draft Skripsi.pdf Download (236kB) | Preview |
|
|
Text
Lembar pengesahan.pdf Download (779kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (249kB) | Preview |
|
|
Text
Abstract.pdf Download (187kB) | Preview |
|
|
Text
Ringkesan.pdf Download (77kB) | Preview |
|
|
Text
Skripsi BAB I.pdf Download (251kB) | Preview |
|
|
Text
Skripsi BAB V.pdf Download (209kB) | Preview |
|
Text
Skripsi BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (426kB) |
||
Text
Skripsi BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
Skripsi BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (209kB) |
||
|
Text
Skripsi Daftar Pustaka.pdf Download (219kB) | Preview |
Abstract
Sebagai salah satu tujuan dalam pembelajaran matematika dalam kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka, kemampuan pemahaman konsep merupakan hal penting yang harus dikuasai demi tercapainya tujuan pembelajaran matematika. Pada kenyataannya, siswa Indonesia cenderung masih memiliki kemampuan pemahaman konsep berkategori rendah. Selain itu, self-confidence siswa Indonesia pun masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Untuk menganalisis apakah kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang mendapatkan pembelajaran dengan discovery learning dengan mind mapping berbantuan ChatGPT lebih tinggi daripada siswa yang mendapatkan pembelajaran dengan model konvensional, 2) Untuk menganalisis self-confidence siswa yang mendapatkan pembelajaran dengan model discovery learning dengan mind mapping berbantuan ChatGPT dan siswa yang mendapat pembelajaran dengan model konvensional, 3) Untuk menganalisis efektivitas penerapan model Discovery Learning dengan mind mapping berbantuan ChatGPT terhadap peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan mixed method dan menerapkan teknik quasi experimental design. Sampel penelitian pada penelitian ini terdiri dari dua kelompok, yaitu kelas XI MIPA 5 sebagai kelompok eksperimen yang diberi pembelajaran discovery learning dengan mind mapping berbantuan ChatGPT serta kelas XI MIPA 6 yang merupakan kelompok kontrol yang mendapat pembelajaran dengan model konvensional. Penelitian ini menggunakan instrumen berupa uraian tes kemampuan pemahaman konsep matematis dan angket selfconfidence. Data yang telah terkumpul kemudian diolah dan dianalisis menggunakan bantuan software IBM SPSS 26 for Windows. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang memperoleh model discovery learning dengan mind mapping berbantuan ChatGPT tidak lebih tinggi daripada siswa yang mendapatkan pembelajaran dengan pembelajaran konvensional, 2) Self-confidence peserta didik yang memperoleh pembelajaran menggunakan model discovery learning dengan mind mapping berbantuan ChatGPT lebih baik dari peserta didik yang mendapat pembelajaran dengan model konvensional, 3) Model discovery learning dengan mind mapping berbantuan ChatGPT tidak efektif untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis. Kata Kunci: Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis, Self-confidence, Discovery Learning dengan Mind Mapping, ChatGPT
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2024 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 26 Jul 2024 07:01 |
Last Modified: | 26 Jul 2024 07:01 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/69392 |
Actions (login required)
View Item |