Priyani, Jihan Aulia (2024) PENERAPAN INOVASI PELAYANAN BERBASIS APLIKASI PERSURATAN PESONA BANDUNG DI DINAS PEMUDA DAN OLAHRAGA KOTA BANDUNG. Skripsi(S1) thesis, FISIP UNPAS.
Text
Daftar Isi.docx Download (26kB) |
||
|
Text
Kata Pengantar.pdf Download (299kB) | Preview |
|
|
Text
Cover .pdf Download (195kB) | Preview |
|
|
Text
Lampiran.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (208kB) | Preview |
|
|
Text
Lembar Pengesahan.pdf Download (186kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 1.pdf Download (422kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (392kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 2.pdf Download (516kB) | Preview |
Abstract
Inovasi pelayanan berfokus pada aspek “perbaikan” yang timbul dari kegiatan inovasi tersebut, yaitu kemampuan pemerintah untuk memberikan layanan secara lebih efektif, efisien, berkualitas tinggi, dan hemat biaya. Terkait dengan inovasi pelayanan, pemerintah Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Bandung menerapkan inovasi pelayanan melalui aplikasi persuratan PESONA BANDUNG yang bertujuan untuk memudahkan sejumlah pemangku kepentingan di lingkungan pemerintahan Kota Bandung dalam penerimaan dan pengiriman persuratan. Penelitian ini didasarkan peneliti untuk membahas dan menemukan sejumlah permasalahan yang pada penerapan inovasi pelayanan berbasis aplikasi persuratan PESONA BANDUNG di Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Bandung Kota Bandung dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Melalui beberapa teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dokumentasi, dan studi pustaka. Peneliti menggunakan teori karakteristik inovasi pelayanan yang diungkapkan oleh Suwarno (2018:29) yang meliputi Relative Advantage (Kemanfaatan), Compatibility (Kesesuaian), Complexity (Kompleksitas), Triability (Aplikasi), Observability (Pengamatan) untuk mengukur sejauh mana inovasi pelayanan dapat diterapkan. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan inovasi pelayanan berbasis aplikasi persuratan PESONA BANDUNG di Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Bandung Kota Bandung belum berjalan dengan optimal. Terdapat hambatan yaitu sumber daya aparatur yang kurang disiplin dalam menjalankan penerapan ini lalu sarana dan prasarana dikarenakan komputer dan jaringan internet seringkali mengalami gangguan. Adapula upaya untuk menanggulangi hambatan- hambatannya yaitu peningkatan profesionalisme pegawai dan diperlukan pemantauan serta evaluasi dari pimpinan terhadap pegawai serta perlunya perbaikan atau peningkatan infrastruktur teknologi, seperti upgrade komputer ke versi yang lebih baru dan peningkatan kualitas jaringan internet. Kata Kunci : Inovasi Pelayanan, Persuratan, Aplikasi PESONA BANDUNG
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Negara 2024 |
Depositing User: | Drs Iwan Ridwan |
Date Deposited: | 06 Jun 2024 03:28 |
Last Modified: | 06 Jun 2024 03:28 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/69037 |
Actions (login required)
View Item |