PUTRA, TRENALDI CULIAWAN (2023) PENGELOLAAN APLIKASI LAPOR DALAM MENDUKUNG LAYANAN PENGADUAN MASYARAKAT DI DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA KOTA BANDUNG. Skripsi(S1) thesis, PERPUSTAKAAN.
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (113kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (55kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (232kB) | Preview |
|
|
Text
KATA PENGANTAR.pdf Download (162kB) | Preview |
|
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
COVER.pdf Download (124kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (213kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (151kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (324kB) | Preview |
Abstract
Aplikasi Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (LAPOR) merupakan sebuah inovasi yang dihadirkan dengan tujuan untuk memudahkan masyarakat dalam menyalurkan aspirasi dan pengaduan terkait pelayanan publik. Aplikasi LAPOR ditetapkan sebagai Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional (SP4N) yang berpedoman pada Peraturan Presiden Nomor 76 Tahun 2013 dan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 3 Tahun 2015. Begitu juga dengan Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Bandung yang memiliki peran sentral dalam pengelolaan Aplikasi LAPOR di Kota Bandung, mengharuskan upaya yang maksimal dalam mengelola segala bentuk laporan yang masuk. Adapun penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui sejauh mana Pengelolaan Aplikasi LAPOR dalam mendukung Layanan Pengaduan Masyarakat di Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Bandung. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu bersifat deskriptif dengan menggunakan metode penelitian kualitatif serta teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu studi kepustakaan, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa Pengelolaan Aplikasi LAPOR dalam mendukung Layanan Pengaduan Masyarakat di Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Bandung sudah berjalan cukup optimal. Hal itu dikarenakan Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Bandung dipercaya sebagai leading sector pengelolaan Aplikasi LAPOR di Kota Bandung, adanya tim khusus dalam pengelolaan Aplikasi LAPOR, adanya RENAKSI LAPOR Kota Bandung 2021- 2024 sebagai bentuk perencanaan jangka panjang, ketersedian sarana dan prasarana yang memadai, adanya laporan, adanya MONEV sebagai bentuk pengawasan khusus pengelolaan pengaduan, dan adanya kegiatan evaluasi yang rutin dilakukan bersama seluruh OPD di Kota Bandung. Namun juga masih terdapat satu hambatan yang perlu untuk diselesaikan, hambatan tersebut adalah rotasi maupun mutasi SDM yang dimiliki oleh setiap OPD di Kota Bandung, terkhususnya SDM yang diberikan tugas khusus sebagai admin pengelola Aplikasi LAPOR. Kata Kunci: Pengelolaan, Pelayanan Publik, LAPOR
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Negara 2023 |
Depositing User: | Drs Iwan Ridwan |
Date Deposited: | 29 Sep 2023 06:38 |
Last Modified: | 29 Sep 2023 06:38 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/66112 |
Actions (login required)
View Item |