IMPLEMENTASI METODE HYPNOTEACHING DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS INSPIRATIF BERORIENTASI PADA STRUKTUR DAN ASPEK KEBAHASAAN PESERTA DIDIK KELAS IX DI SMPN 21 BANDUNG

Bella, Audrey Anastasya, 195030062 (2023) IMPLEMENTASI METODE HYPNOTEACHING DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS INSPIRATIF BERORIENTASI PADA STRUKTUR DAN ASPEK KEBAHASAAN PESERTA DIDIK KELAS IX DI SMPN 21 BANDUNG. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER SKRIPSI_195030062_AUDREY ANASTASYA BELLA.pdf

Download (18kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN_195030062_AUDREY ANASTASYA BELLA.pdf

Download (473kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK_195030062_AUDREY ANASTASYA BELLA.pdf

Download (339kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRACK_195030062_AUDREY ANASTASYA BELLA.pdf

Download (254kB) | Preview
[img]
Preview
Text
RINGKESAN_195030062_AUDREY ANASTASYA BELLA.pdf

Download (246kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I_195030062_AUDREY ANASTASYA BELLA.pdf

Download (502kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II_195030062_AUDREY ANASTASYA BELLA.pdf

Download (642kB) | Preview
[img] Text
BAB III_195030062_AUDREY ANASTASYA BELLA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (704kB)
[img] Text
BAB IV_195030062_AUDREY ANASTASYA BELLA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V_195030062_AUDREY ANASTASYA BELLA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (406kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA_195030062_AUDREY ANASTASYA BELLA.pdf

Download (277kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi karena ada beberapa permasalahan yang kerap dialami oleh peserta didik saat akan menulis teks cerita inspiratif, yaitu peserta didik seringkali merasa kesulitan untuk mendapatkan ide dan mengembangkannya suatu ide tersebut. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Dalam metodologi penelitian, penting untuk memperhatikan etika penelitian dan memastikan bahwa penelitian dilakukan dengan integritas dan objektivitas. Penulis menunjukkan kemampuan yang sangat baik dalam merencanakan pembelajaran menulis teks cerita inspiratif menggunakan metode Hypnoteaching. Adapun hasil penelitian: 1)Penulis memperoleh skor nilai 3,79 untuk penilaian perencanaan pembelajaran. Hal ini menunjukkan bahwa penulis memiliki kemampuan yang sangat baik dalam merencanakan pembelajaran. 2)Peserta didik menunjukkan kemampuan dalam menulis teks cerita inspiratif menggunakan metode Hypnoteaching. Hal ini dapat dikonfirmasi melalui hasil uji Wilcoxon signed rank yang dilakukan pada data pretest dan posttest dari kelas eksperimen dan kelas kontrol. Berdasarkan hasil statistik uji, kelas eksperimen memperoleh nilai asymp. Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05, yang menunjukkan bahwa kemampuan peserta didik dalam menulis teks cerita inspiratif menggunakan metode Hypnoteaching mengalami peningkatan. 3) metode Hypnoteaching pada peserta didik kelas IX SMPN 21 Bandung berhasil meningkatkan hasil pembelajaran peserta didik. Rata-rata nilai yang diperoleh peserta didik kelas eksperimen yang menerima perlakuan penerapan metode Hypnoteaching mengalami peningkatan yang lebih signifikan dibandingkan denganrata-rata nilai yang diperoleh peserta didik kelas kontrol yang tidak menerima perlakuan penerapan metode Hypnoteaching. Ini menunjukkan bahwa metode Hypnoteaching efektif dalam meningkatkan hasil pembelajaran peserta didik dalam menulis teks cerita inspiratif. Kata Kunci: Menulis Teks Cerita Inspiratif, dan Metode Pembelajaran Hypnoteaching

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2023
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 21 Sep 2023 03:50
Last Modified: 21 Sep 2023 03:50
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/65161

Actions (login required)

View Item View Item