DASTIANI, RENALIANTI (2023) PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING DALAM PEMBELAJARAN MENELAAH DIKSI KONOTATIF BERTEMA PROFIL PELAJAR PANCASILA PADA PUISI DI KELAS X SMK BINA WARGA BANDUNG. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1. Cover.pdf Download (28kB) | Preview |
|
|
Text
2. Pengesahan.pdf Download (410kB) | Preview |
|
|
Text
5. Abstrak.pdf Download (9kB) | Preview |
|
|
Text
6. Abstract.pdf Download (8kB) | Preview |
|
|
Text
7. Ringkesan.pdf Download (8kB) | Preview |
|
|
Text
9. Bab I.pdf Download (113kB) | Preview |
|
|
Text
10. Bab II.pdf Download (206kB) | Preview |
|
Text
11. Bab III.pdf Restricted to Repository staff only Download (354kB) |
||
Text
12. Bab IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (985kB) |
||
Text
13. Bab V.pdf Restricted to Repository staff only Download (18kB) |
||
|
Text
14. Daftar Pustaka.pdf Download (154kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) kemampuan penulis dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran dengan menerapkan model discovery learning dalam pembelajaran menelaah diksi konotatif bertema profil pelajar Pancasila pada puisi di kelas X SMK Bina Warga Bandung; (2) kemampuan peserta didik kelas X SMK Bina Warga Bandung dalam pembelajaran menelaah diksi konotatif bertema profil pelajar Pancasila pada puisi dengan menggunakan model discovery learning di kelas eksperimen; (3) perbedaan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran menelaah diksi konotatif bertema profil pelajar Pancasila pada puisi di kelas X SMK Bina Warga Bandung sebelum dan sesudah menggunakan model discovery learning di kelas eksperimen dibandingkan dengan model direct learning di kelas kontrol; (4) perbedaan keefektifan model discovery learning pada kelas eksperimen dengan model direct learning sebagai kelas kontrol dalam pembelajaran menelaah diksi konotatif bertema profil pelajar Pancasila pada puisi di kelas X SMK Bina Warga Bandung. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kuantitatif. Adapun metode yang digunakan yaitu metode eksperimen semu dengan desain nonequivalent control group design. Hasil penelitian ini yaitu: (1) penulis mampu melaksanakan pembelajaran dengan model discovery learning dalam pembelajaran menelaah diksi konotatif bertema profil pelajar Pancasila pada puisi di kelas X SMK Bina Warga Bandung dengan memperoleh nilai sebesar 3,8 dan 3,72 dengan kategori sangat baik; (2) peserta didik kelas X SMK Bina Warga Bandung mampu menelaah diksi konotatif bertema profil pelajar Pancasila pada puisi dengan menggunakan model discovery learning, hal tersebut dibuktikan dengan hasil rata-rata yang diperoleh saat pretest sebesar 48,96 dan mengalami peningkatan saat posttest menjadi 80,22; (3) adanya perbedaan hasil belajar peserta didik kelas X SMK Bina Warga Bandung dengan hasil rata-rata yang diperoleh peserta didik di kelas eksperimen pada kegiatan pretest sebesar 48,96 kemudian meningkat saat kegiatan posttest menjadi 80,22. Sedangkan nilai rata-rata saat kegiatan pretest di kelas kontrol sebesar 57,83 dan mengalami peningkatan saat posttest menjadi 57,83; (4) terdapat perbedaan keefektifan model discovery learning dan model direct learning dilihat dari hasil pengujian independent sample t test nilai Sig. (2-tailed) bernilai 0.000 < 0.05 yang berarti pembelajaran menggunakan model discovery learning dinilai lebih efektif karena mengalami peningkatan yang baik pada saat kegiatan posttest. Kata kunci: keterampilan membaca, model discovery learning, profil pelajar Pancasila, puisi
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2023 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 16 Sep 2023 03:05 |
Last Modified: | 16 Sep 2023 03:05 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/65097 |
Actions (login required)
View Item |