PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING DALAM PEMBELAJARAN MENELAAH DIKSI KONOTATIF BERTEMA PROFIL PELAJAR PANCASILA PADA PUISI DI KELAS X SMK BINA WARGA BANDUNG

DASTIANI, RENALIANTI (2023) PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING DALAM PEMBELAJARAN MENELAAH DIKSI KONOTATIF BERTEMA PROFIL PELAJAR PANCASILA PADA PUISI DI KELAS X SMK BINA WARGA BANDUNG. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. Cover.pdf

Download (28kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Pengesahan.pdf

Download (410kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. Abstrak.pdf

Download (9kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. Abstract.pdf

Download (8kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. Ringkesan.pdf

Download (8kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. Bab I.pdf

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. Bab II.pdf

Download (206kB) | Preview
[img] Text
11. Bab III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (354kB)
[img] Text
12. Bab IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (985kB)
[img] Text
13. Bab V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (18kB)
[img]
Preview
Text
14. Daftar Pustaka.pdf

Download (154kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) kemampuan penulis dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran dengan menerapkan model discovery learning dalam pembelajaran menelaah diksi konotatif bertema profil pelajar Pancasila pada puisi di kelas X SMK Bina Warga Bandung; (2) kemampuan peserta didik kelas X SMK Bina Warga Bandung dalam pembelajaran menelaah diksi konotatif bertema profil pelajar Pancasila pada puisi dengan menggunakan model discovery learning di kelas eksperimen; (3) perbedaan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran menelaah diksi konotatif bertema profil pelajar Pancasila pada puisi di kelas X SMK Bina Warga Bandung sebelum dan sesudah menggunakan model discovery learning di kelas eksperimen dibandingkan dengan model direct learning di kelas kontrol; (4) perbedaan keefektifan model discovery learning pada kelas eksperimen dengan model direct learning sebagai kelas kontrol dalam pembelajaran menelaah diksi konotatif bertema profil pelajar Pancasila pada puisi di kelas X SMK Bina Warga Bandung. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kuantitatif. Adapun metode yang digunakan yaitu metode eksperimen semu dengan desain nonequivalent control group design. Hasil penelitian ini yaitu: (1) penulis mampu melaksanakan pembelajaran dengan model discovery learning dalam pembelajaran menelaah diksi konotatif bertema profil pelajar Pancasila pada puisi di kelas X SMK Bina Warga Bandung dengan memperoleh nilai sebesar 3,8 dan 3,72 dengan kategori sangat baik; (2) peserta didik kelas X SMK Bina Warga Bandung mampu menelaah diksi konotatif bertema profil pelajar Pancasila pada puisi dengan menggunakan model discovery learning, hal tersebut dibuktikan dengan hasil rata-rata yang diperoleh saat pretest sebesar 48,96 dan mengalami peningkatan saat posttest menjadi 80,22; (3) adanya perbedaan hasil belajar peserta didik kelas X SMK Bina Warga Bandung dengan hasil rata-rata yang diperoleh peserta didik di kelas eksperimen pada kegiatan pretest sebesar 48,96 kemudian meningkat saat kegiatan posttest menjadi 80,22. Sedangkan nilai rata-rata saat kegiatan pretest di kelas kontrol sebesar 57,83 dan mengalami peningkatan saat posttest menjadi 57,83; (4) terdapat perbedaan keefektifan model discovery learning dan model direct learning dilihat dari hasil pengujian independent sample t test nilai Sig. (2-tailed) bernilai 0.000 < 0.05 yang berarti pembelajaran menggunakan model discovery learning dinilai lebih efektif karena mengalami peningkatan yang baik pada saat kegiatan posttest. Kata kunci: keterampilan membaca, model discovery learning, profil pelajar Pancasila, puisi

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2023
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 16 Sep 2023 03:05
Last Modified: 16 Sep 2023 03:05
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/65097

Actions (login required)

View Item View Item