PENERAPAN METODE CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA PEMBELAJARAN MENULIS PUISI DENGAN MEMPERHATIKAN UNSUR PEMBANGUNYA BERBANTUAN MEDIA CANVA PADA PESERTA DIDIK SMP PASUNDAN 7 BANDUNG

AMIR , KAMILIA MUTIARA, 195030061 (2023) PENERAPAN METODE CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA PEMBELAJARAN MENULIS PUISI DENGAN MEMPERHATIKAN UNSUR PEMBANGUNYA BERBANTUAN MEDIA CANVA PADA PESERTA DIDIK SMP PASUNDAN 7 BANDUNG. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (526kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN SKRIPSI.pdf

Download (221kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. LEMBAR PENGESAHAN PENGUJI.pdf

Download (257kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. ABSTRAK.pdf

Download (442kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. ABSTRACK.pdf

Download (442kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. RINGKESAN.pdf

Download (441kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. BAB I.pdf

Download (538kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. BAB II.pdf

Download (624kB) | Preview
[img] Text
15. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (688kB)
[img] Text
16. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
17. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (453kB)
[img]
Preview
Text
18. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (517kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan peserta didik dalam menulis khususnya menulis teks puisi. Hal ini disebabkan oleh peserta didik yang merasa tidak percaya diri, sulit menentukan pilihan kata terhadap tulisan, serta kurang kreatif metode pembelajaran yang digunakan oleh pendidik. Salah satu metode pembelajaran yang dapat menumbuhkan kreativitas peserta didik yaitu: metode contextual teaching and learning. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui: kemampuan peneliti dalam melaksanakan pembelajaran menulis teks puisi menggunakan metode contextual teaching and learning (ctl), kemampuan peserta didik dalam menulis puisi, kemampuan peserta didik dalam menulis puisi menggunakan metode contextual teaching and learning (ctl), perbandingan peserta didik sebelum diberi metode contextual teaching and learning dan sesudah diberi perlakuan metode contextual teaching and learning (ctl). Metode penelitian yang digunakan yaitu metode eksperimen dengan bentuk true experimental pretestposttest control group design. Adapun hasil penelitian yaitu: 1) penulis mampu melaksanakan pembelajaran menulis teks puisi menggunakan metode contextual teaching and learning dengan nilai 3,7. 2) kondisi peserta didik sebelum diberi perlakuan metode contextual teaching and learning. 3) kondisi peserta didik setelah diberi metode contextual teaching and learning. 4) perbedaan kemampuan peserta didik sebelum dan sesudah diberi perlakuan metode contextual teaching and learning. Kata kunci: Menulis, Teks Puisi, Metode Contextual Teaching and Learning, media canva

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2023
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 08 Sep 2023 08:04
Last Modified: 08 Sep 2023 08:04
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/65020

Actions (login required)

View Item View Item