PERANAN PENGGUNAAN MEDIA GOOGLE CLASSROOM DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA UNTUK MENCAPAI HASIL BELAJAR SISWA SD DI KECAMATAN BOJONGLOA KIDUL

Kamila,Saffana Dhiya, 185060013 (2023) PERANAN PENGGUNAAN MEDIA GOOGLE CLASSROOM DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA UNTUK MENCAPAI HASIL BELAJAR SISWA SD DI KECAMATAN BOJONGLOA KIDUL. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. Cover.pdf

Download (17kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. lembar pengesahan.pdf

Download (189kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. Abstrak.pdf

Download (6kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. Abstract.pdf

Download (5kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. Ringkesan.pdf

Download (6kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. Bab I.pdf

Download (146kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. Bab II.pdf

Download (169kB) | Preview
[img] Text
12. Bab III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (651kB)
[img] Text
13. Bab IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (306kB)
[img] Text
14. Bab V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13kB)
[img]
Preview
Text
15. Daftar Pustaka.pdf

Download (226kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ketercapaian hasil belajar peserta didik sebelum dan setelah menggunakan media Google Classroom dengan pelaksanaan penelitian pada kelas tinggi di SDN 200 Leuwipanjang dan SDN 148 Cibaduyut. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data melalui angket yang diambil dari rumusan masalah. Angket tersebut berisi pertanyaan mengenai peranan penggunaan media Google Classroom, nilai rata-rata hasil ulangan harian matematika sebelum pandemi COVID-19, langkah-langkah penggunaan media Google Classroom yang dilakukan oleh siswa dan guru, hasil pembelajaran matematika setelah belajar menggunakan media Google Classroom pada siswa, kesulitan yang dialami oleh siswa dan guru saat pembelajaran menggunakan media Google Classroom. Sampel penelitian yang digunakan yaitu siswa kelas tinggi dan guru, namun siswa SD dianggap belum mampu untuk mengisi angket yang dibutuhkan oleh peneliti maka dari itu orang tua siswa lah yang mengisi angket. Jumlah siswa yang menjadi sampel penelitian berjumlah 201 responden yang menggunakan teknik sampel tabel Krejcie dan Morgan, serta jumlah guru yang menjadi sampel penelitian berjumlah 19 orang. Teknik pengolahan data pada penelitian ini menggunakan Uji Mean Score atau uji ratarata. Hasil penelitian ini adalah setelah menggunakan media Google Classroom menunjukan bahwa rata-rata nilai hasil belajar ulangan harian Matematika pada siswa mengalami peningkatan secara singnifikan dan diatas KKM. Maka dapat disimpulkan, penggunaan media Google Classroom berperan dengan baik untuk mencapai hasil belajar siswa, khususnya pada kelas tinggi. Kata Kunci: Google Classroom, Hasil Belajar, Siswa, Guru

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2022
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 30 Jan 2023 02:31
Last Modified: 30 Jan 2023 02:31
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/62038

Actions (login required)

View Item View Item