ANALISIS EFEK DROMOLOGI TERHADAP PERUBAHAN PERSPEKTIF PADA PEMBELAJARAN MENGANALISIS ARTIKEL KRITIK DAN ESAI PESERTA DIDIK KELAS XII SMK PRAKARYA INTERNASIONAL TAHUN AJARAN 2022/2023

Amanta , Ega Mutiara, 185030024 (2022) ANALISIS EFEK DROMOLOGI TERHADAP PERUBAHAN PERSPEKTIF PADA PEMBELAJARAN MENGANALISIS ARTIKEL KRITIK DAN ESAI PESERTA DIDIK KELAS XII SMK PRAKARYA INTERNASIONAL TAHUN AJARAN 2022/2023. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (216kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (541kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. ABSTRAK BAHASA INDONESIA.pdf

Download (191kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. ABSTRAK BAHASA INGGRIS.pdf

Download (325kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. ABSTRAK BAHASA SUNDA.pdf

Download (326kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (931kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (381kB)
[img]
Preview
Text
11. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (354kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya peserta didik yang melakukan praktik plagiarisme pada proses pembelajaran, terutama dalam pengerjaan tugas dan ujian. Hal tersebut disebabkan oleh kurangnya pemahaman peserta didik dan didukung oleh kemajuan internet dengan informasi yang lengkap dan serba ada. Tujuan dari penelitian ini adalah: untuk mengetahui efek dromologi terhadap peserta didik Kelas XII SMK Prakarya Internasional pada pembelajaran menganalisis artikel kritik dan esai; efek dromologi terhadap perspektif peserta didik Kelas XII SMK Prakarya Internasional; serta menemukan solusi dari efek dromologi terhadap peserta didik pada pembelajaran menganalisis artikel kritik dan esai Kelas XII SMK Prakarya Internasional. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan teknik analisis data model Miles dan Huberman. Data yang diperoleh ialah jawaban lembar kerja peserta didik pada pembelajaran menganalisis artikel kritik dan esai, hasil kuesioner, dan hasil wawancara. Adapun simpulan dari penelitian ini adalah: 1) efek dromologi terhadap peserta didik dalam menganalisis artikel kritik dan esai adalah peserta didik yang ingin cepat selesai dalam pengerjaan LKPD dan peserta didik yang berselancar di internet untuk mencari jawaban analisis dengan mudah dan cepat; 2) efek dromologi terhadap perubahan perspektif peserta didik adalah berubahnya tujuan pendidikan peserta didik, yaitu bersekolah untuk mencari nilai tinggi dan ijazah tanpa mementingkan pemahaman dan esensi dari proses pembelajarannya; dan 3) solusi untuk mengatasi efek dromologi terhadap peserta didik pada pembelajaran menganalisis artikel kritik dan esai adalah dengan memberikan pemahaman mengenai plagiarisme kepada peserta didik, memilih metode pembelajaran yang tepat, dan memaksimalkan Gerakan Literasi Sekolah (GLS). Kata kunci: dromologi, perspektif peserta didik, kritik dan esai.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2022
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 28 Oct 2022 06:32
Last Modified: 28 Oct 2022 06:32
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/60253

Actions (login required)

View Item View Item