Ramadhan, Lukman, 175060065 (2022) ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA SISWA MELALUI PEMBELAJARAN DENGAN MEDIA WHATSAPP DI SEKOLAH DASAR. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1. Cover.pdf Download (101kB) | Preview |
|
|
Text
2. Pengesahan.pdf Download (47kB) | Preview |
|
|
Text
5. Abstrak.pdf Download (97kB) | Preview |
|
|
Text
6. Abstract.pdf Download (98kB) | Preview |
|
|
Text
7. Abstrak Sunda.pdf Download (98kB) | Preview |
|
|
Text
9. Bab I.pdf Download (316kB) | Preview |
|
|
Text
10. Bab II.pdf Download (258kB) | Preview |
|
Text
11. Bab III.pdf Restricted to Repository staff only Download (368kB) |
||
Text
12. Bab IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (226kB) |
||
Text
13. Bab V.pdf Restricted to Repository staff only Download (185kB) |
||
|
Text
14. Daftar Pustaka.pdf Download (197kB) | Preview |
Abstract
Rendahnya cara berpikir kritis yang dimiliki siswa menjadikan siswa kurang beradaptasi dengen tantangan zaman yang semakin maju, pemecahan masalah yakni hal yang paling penting dimiliki setiap manusia, ditambah pada saat ini dunia diguncang oleh sebuah wabah Covid-19. Dampak dari pemdemi tersebut terasa diberbagai aspek kehidupan, termasuk dunia pendidikan ikut terkena imbasnya. Dalam penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis pada siswa melalui pembeljaran dengan media Whatsapp. Pembelajaran jarak jauh menggunakan media Whatsapp merupakan salah satu metode belajar yang sedang dilaksanakan diberbagai daerah di indonesia, dan merupakan salah satu cara belajar dimasa pandemi Covid-19. Pada kondisi seperti ini cara berpikir siswa Sekolah Dasar sangta ditentukan oleh media pembelajaran yang digunakan setiap sekolah. Salah satu media pembelajaran yang dapat meningkatkan cara berpikir krtits siswa Sekolah Dasar yaitu dengan aplikasi Whatsapp. Penelitian yang dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah studi kepustakaan menggunakan metode dokumentasi. Teknik penggumpulan data penelitian ini menggunakan editing dan organizing, dan untuk analisis data menggunakan teknik dedeuktif. Hasil penelitian berdasarkan hasil analisis dapat disimpulan bahwa hasil dalam pembelajaran jarak jauh menggunakan media Whatsapp dapat meningkat kemampuan berpikir kritis siswa. Karena dengan menggunakan media Whatsapp dalam pembelajaran, siswa akan mudah menerima, mengirim tugas, berdiskusi, dan absensi. Whatsapp dalam penggunaannya sangat mudah digunakan karena efektif dan terdapat fasilitas atau fitur yang memudahkan peserta didik dan guru melakukan proses pembelajaran jarak jauh. Kata Kunci: Berpikir kritis, Whatsapp
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2021 |
Depositing User: | Iyas - |
Date Deposited: | 28 Jan 2022 09:05 |
Last Modified: | 28 Jan 2022 09:05 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/55437 |
Actions (login required)
View Item |