ANALISIS PENGGUNAAN MODEL DISCOVERY LEARNING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS RENDAH DI SEKOLAH DASAR (Studi Literatur)

DEWI, WINDI MEIDY SUKMA, 175060074 (2022) ANALISIS PENGGUNAAN MODEL DISCOVERY LEARNING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS RENDAH DI SEKOLAH DASAR (Studi Literatur). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. COVER SKRIPSI.pdf

Download (30kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (362kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. ABSTRAK INDONESIA.pdf

Download (185kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. ABSTRAK INGGRIS.pdf

Download (185kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. ABSTRAK B. SUNDA.pdf

Download (185kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. BAB I WINDI.pdf

Download (585kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. BAB II WINDI.pdf

Download (387kB) | Preview
[img] Text
15. BAB III WINDI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (419kB)
[img] Text
16. BAB IV WINDI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (337kB)
[img] Text
17. BAB V WINDI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (196kB)
[img]
Preview
Text
18. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (336kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Permasalahan yang sering terjadi dalam pembelajaran berdasarkan analisis jurnal yaitu hasil belajar rendah karena penggunaan model pembelajaran kurang bervariatif. Dalam hal ini siswa tidak dilibatkan secara langsung dalam pembelajaran. untuk memperbaiki hal tersebut, dapat dilakukan dengan menerapkan model pembelajaran, salah satunya model pembelajaran discovery learning. Model pembelajaran discovery learning merupakan model pembelajaran yang melibatkan siswa secara aktif dengan menemukan, menyelidiki dan menganalisis sendiri, maka hasil yang diperoleh siswa akan bertahan lama dalam ingatan, siswa juga bisa berfikir analisis dan mencoba memecahkan maslaah sendiri yang dihadapi. Implementasi model discovery learning dimulai dengan beberapa langkah yaitu pemberian rangsangan, identifikasi masalah, pengumpulan data, pengolahan data, pembuktian, dan terakhir menarik kesimpulan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan konsep, implementasi, kendala, dan hubungan model pembelajaran discovery learning dengan hasil belajar siswa kelas rendah di sekolah dasar. Jenis penelitian yang digunakan adalah studi kepustakaan atau studi literatur. Adapun teknik analisis data dalam penelitian ini adalah komparatif, interpretatif, deduktif, dan induktif. Hasil penemuan menunjukan bahwa rata-rata hasil belajar siswa meningkat dalam menggunakan model discovery learning. Hubungan model discovery learning dengan hasil belajar tidak terlepas dari peran guru, peran siswa, dan faktor-faktor yang mendukung proses pembelajaran. dari penelitian yang dilakukan terbukti bahwa model discovery learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas rendah di sekolah dasar. Kata kunci: Discovery Learning, Hasil Belajar, Kelas Rendah

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2021
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 12 Jan 2022 07:24
Last Modified: 12 Jan 2022 07:24
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/54945

Actions (login required)

View Item View Item