DEWI, WINDI MEIDY SUKMA, 175060074 (2022) ANALISIS PENGGUNAAN MODEL DISCOVERY LEARNING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS RENDAH DI SEKOLAH DASAR (Studi Literatur). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1. COVER SKRIPSI.pdf Download (30kB) | Preview |
|
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (362kB) | Preview |
|
|
Text
8. ABSTRAK INDONESIA.pdf Download (185kB) | Preview |
|
|
Text
9. ABSTRAK INGGRIS.pdf Download (185kB) | Preview |
|
|
Text
10. ABSTRAK B. SUNDA.pdf Download (185kB) | Preview |
|
|
Text
13. BAB I WINDI.pdf Download (585kB) | Preview |
|
|
Text
14. BAB II WINDI.pdf Download (387kB) | Preview |
|
Text
15. BAB III WINDI.pdf Restricted to Repository staff only Download (419kB) |
||
Text
16. BAB IV WINDI.pdf Restricted to Repository staff only Download (337kB) |
||
Text
17. BAB V WINDI.pdf Restricted to Repository staff only Download (196kB) |
||
|
Text
18. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (336kB) | Preview |
Abstract
Permasalahan yang sering terjadi dalam pembelajaran berdasarkan analisis jurnal yaitu hasil belajar rendah karena penggunaan model pembelajaran kurang bervariatif. Dalam hal ini siswa tidak dilibatkan secara langsung dalam pembelajaran. untuk memperbaiki hal tersebut, dapat dilakukan dengan menerapkan model pembelajaran, salah satunya model pembelajaran discovery learning. Model pembelajaran discovery learning merupakan model pembelajaran yang melibatkan siswa secara aktif dengan menemukan, menyelidiki dan menganalisis sendiri, maka hasil yang diperoleh siswa akan bertahan lama dalam ingatan, siswa juga bisa berfikir analisis dan mencoba memecahkan maslaah sendiri yang dihadapi. Implementasi model discovery learning dimulai dengan beberapa langkah yaitu pemberian rangsangan, identifikasi masalah, pengumpulan data, pengolahan data, pembuktian, dan terakhir menarik kesimpulan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan konsep, implementasi, kendala, dan hubungan model pembelajaran discovery learning dengan hasil belajar siswa kelas rendah di sekolah dasar. Jenis penelitian yang digunakan adalah studi kepustakaan atau studi literatur. Adapun teknik analisis data dalam penelitian ini adalah komparatif, interpretatif, deduktif, dan induktif. Hasil penemuan menunjukan bahwa rata-rata hasil belajar siswa meningkat dalam menggunakan model discovery learning. Hubungan model discovery learning dengan hasil belajar tidak terlepas dari peran guru, peran siswa, dan faktor-faktor yang mendukung proses pembelajaran. dari penelitian yang dilakukan terbukti bahwa model discovery learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas rendah di sekolah dasar. Kata kunci: Discovery Learning, Hasil Belajar, Kelas Rendah
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2021 |
Depositing User: | Iyas - |
Date Deposited: | 12 Jan 2022 07:24 |
Last Modified: | 12 Jan 2022 07:24 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/54945 |
Actions (login required)
View Item |