Trisdian, Rian, 175060031 (2022) PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA VISUAL PADA MASA PANDEMI COVID-19 (Penelitian Kuasi Eksperimen Pada Siswa Sekolah Kelas IV SD Negeri 023 Pajagalan Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
COVER.pdf Download (49kB) | Preview |
|
|
Text
PENGESAHAN.pdf Download (55kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK INDO.pdf Download (31kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK INGGRIS.pdf Download (30kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK SUNDA.pdf Download (30kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I RIAN TRISDIAN.pdf Download (118kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II RIAN TRISDIAN.pdf Download (952kB) | Preview |
|
Text
BAB III RIAN TRISDIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (299kB) |
||
Text
BAB IV RIAN TRISDIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (260kB) |
||
Text
BAB V RIAN TRISDIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (33kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (104kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini memiliki tujuan untuk memperoleh gambaran mengenai peningkatan hasil belajar siswa sekolah dasar dengan menggunakan media visual pada masa pandemic covid-19. Penelitian ini dilatar belakangi oleh pembelajaran yang dilakukan secara tidak langsung (tatap muka), kurangnya memanfaatkan media, kurangnya penjelasan yang disampaikan oleh guru. Media menjadi salah satu komponen penting untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini dilaksanakan dikelas IV SD Negeri 023 Pajagalan Bandung. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 58 siswa, yaitu kelas IVA sebagai kelas kontrol dan kelas IVB sebagai kelas eksperimen. Metode penelitian yang digunakan adalah metode quasi eksperiment dengan bentuk Pretest-protest control grup desain. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes, dengan teknik pengolahan data uji normalitas, uji homogenitas, uji-t dan uji N-Gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh dalam penggunaan media pembelajaran Visual terhadap hasil belajar siswa pada masa pandemi Covid-19. Hasil uji-t menunjukkan nilai signifikasi sebesar 0,019<0,05 yang diartikan bahwa Ho ditolak atau terdapat pengaruh penggunaan media Visual terhadap hasil belajar siswa pada masa pandemi Covid-19. Peningkatan hasil belajar kelas eksperimen memperoleh peningkatan sebesar 44,39% dan kelas kontrol sebesar 40,27%. Maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan media Visual dapat meningkatkan hasil belajar pada siswa sekolah dasar kelas IV SDN 023 Pajagalan Bandung. Kata kunci : Media Visual, Hasil belajar siswa
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2021 |
Depositing User: | Mrs Nikita - |
Date Deposited: | 06 Jan 2022 03:02 |
Last Modified: | 06 Jan 2022 03:02 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/54906 |
Actions (login required)
View Item |