KEMAMPUAN MENULIS TEKS EKSPLANASI DAN BERPIKIR KRITIS MELALUI PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN TEKNIK PETA PIKIRAN (Studi Penelitian pada Siswa Kelas VIII MTs Negeri 1 Bandung)

Ati Miranti, NPM : 158090030 (2021) KEMAMPUAN MENULIS TEKS EKSPLANASI DAN BERPIKIR KRITIS MELALUI PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN TEKNIK PETA PIKIRAN (Studi Penelitian pada Siswa Kelas VIII MTs Negeri 1 Bandung). Thesis(S2) thesis, PERPUSTAKAAN PASCASARJANA.

[img] Text
cover tesis.docx

Download (55kB)
[img] Text
ABSTRAK.docx

Download (19kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (22kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (67kB)
[img] Text
BAB III.docx

Download (74kB)
[img] Text
BAB IV.docx

Download (2MB)
[img] Text
BAB V.docx

Download (17kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (17kB)

Abstract

Ati Miranti. Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi Bertema Religi dan Berpikir Kritis melalui Pembelajaran Menggunakan Teknik Peta Pikiran (Studi Penelitian pada Siswa Kelas VIII MTs Negeri 1 Bandung).Tesis.Bandung:Program Pscasarjana,Universitas Pasundan,2018. Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan siswa dalam menulis teks, salah satunya teks eksplanasi. Hal tersebut, berdampak pula pada rendahnya kemampuan siswa dalam berpikir kritis. Ada beberapa faktor penyebab siswa mengalami kesulitan dalam menulis teks, di antaranya yaitu (1) keterbatasan siswa dalam meyerap dan mengingat informasi, (2) kekurangmampuan siswa dalam memetakan pikiran untuk nantinya dikembangkan ke dalam teks, (3) kekurangmahiran siswa dalam mencari gagasan utama dan gagasan-gagasan penjelas dalam menulis teks, serta (4) kekurangmampuan siswa dalam menyimpulkan informasi-informasi yang harus dituangkan dalam menulis teks. Salah satu solusi adalah dengan menggunakan pembelajaran menulis menggunakan teknik peta pikiran yang akan meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis teks eksplanasi dan berpikir kritis siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs Negeri 1 Bandung.Pengambilan kelas yang dijadikan sampel dipilih secara acak dua kelas dari enam belas kelas VIII yang paralel. Kelas eksperimen diberi penerapan berupa teknik peta pikiran, sedangkan kelas kontrol diberi penerapan berupa pembelajaran secara konvensional.Instrumen yang penulis gunakan berupa tes menulis teks eksplanasi yang mencakup tes kemampuan berpikir kritis, observasi, dan wawancara. Instrumen tersebut dinyatakan telah memenuhi syarat validitas isi.Koefisien reliabilitasnya 0,636 dan 0,648 untuk kemampuan menulis teks eksplanasi dan berpikir kritis. Analisis data dilakukan dengan Uji-t. Berdasarkan hasil analisis data, hasil utama dari penelitian ini adalah (1) siswa yang memperoleh pembelajaran dengan menggunakan teknik peta pikiran mempunyai kemampuan menulis teks eksplanasi bertema religi yang lebih baik secara signifikan daripada siswa yang memperoleh pembelajaran secara konvensional, (2) siswa yang memperoleh pembelajaran dengan menggunakan teknik peta pikiran mempunyai kemampuan berpikir kritis yang lebih baik secara signifikan daripada siswa yang memperoleh pembelajaran secara konvensional. Kata Kunci: kemampuan menulis teks eksplanasi, kemampuan berpikir kritis, teknik peta pikiran

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 2020
Depositing User: Mrs Lusiawati -
Date Deposited: 07 Oct 2021 04:55
Last Modified: 07 Oct 2021 04:55
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/52960

Actions (login required)

View Item View Item