UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN, KOMUNIKASI DAN SELF-ESTEEM MATEMATIS SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROCESS ORIENTED GUIDED INQUIRY LEARNING (POGIL) SISWA SMP

RYAN NURFITRIANSYAH, NPM : 168060004 (2021) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN, KOMUNIKASI DAN SELF-ESTEEM MATEMATIS SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROCESS ORIENTED GUIDED INQUIRY LEARNING (POGIL) SISWA SMP. Thesis(S2) thesis, PERPUSTAKAAN PASCASARJANA.

[img] Text
1. Cover Judul, lembar pengesahan, lembar Pernyataan, pengantar, ucapan terimakasih.docx

Download (195kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.docx

Download (22kB)
[img] Text
4. BAB I.docx

Download (43kB)
[img] Text
5. BAB II.docx

Download (100kB)
[img] Text
6. BAB III.docx
Restricted to Repository staff only

Download (108kB)
[img] Text
7. BAB IV.docx
Restricted to Repository staff only

Download (235kB)
[img] Text
8. BAB V.docx
Restricted to Repository staff only

Download (31kB)
[img] Text
9. Daftar Pustaka.docx

Download (29kB)

Abstract

Tujuan utama penelitian ini adalah untuk menganalisis peningkatan kemampuan pemahaman, komunikasi dan self-esteem matematis melalui model pembelajaran POGIL. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMPN 1 Sukawening tahun ajaran 2017-2018. Secara purposif (purposive sampling) sampel dua kelas VII. Metode penelitian yang digunakan adalah metode campuran (mixed methods) tipe embedded design (penyisipan). Instrurmen tes yang digunakan adalah pre-test dan post-test sedangkan untuk instrumen non tes adalah lembar observasi, wawancara dan angket self-esteem matematis. Data dianalisis menggunakan uji N-Gain, uji Mann-Whitney, uji ANOVA dua jalur, uji Independent Sample t-test dan uji korelasi. Hasil penelitian yang diperoleh adalah: (1) peningkatan kemampuan pemahaman matematis siswa yang mendapatkan pembelajaran model POGIL lebih baik daripada siswa yang mendapatkan pembelajaran konvensional dilihat dari keseluruhan dan tidak terdapat perbedaan peningkatan kemampuan pemahaman matematis siswa yang mendapatkan pembelajaran model POGIL dengan siswa yang mendapatkan pembelajaran konvensional dilihat dari kemampuan awal matematis (KAM); (2) peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang mendapatkan pembelajaran model POGIL lebih baik daripada siswa yang mendapatkan pembelajaran konvensional dilihat dari keseluruhan dan tidak terdapat perbedaan peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang mendapatkan pembelajaran model POGIL dengan siswa yang mendapatkan pembelajaran konvensional dilihat dari kemampuan awal matematis (KAM); (3) self-esteem matematis siswa yang mendapatkan pembelajaran model POGIL lebih baik daripada siswa yang mendapatkan pembelajaran konvensional; dan (4) terdapat hubungan antara kemampuan pemahaman dengan komunikasi matematis siswa, terdapat hubungan antara kemampuan pemahaman dengan self-esteem matematis siswa dan terdapat hubungan antara kemampuan komunikasi dengan self-esteem matematis siswa. Kata kunci: Pemahaman matematis, komunikasi matematis, self-esteem matematis dan model pembelajaran POGIL.

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Pendidikan Matematika 2021
Depositing User: Mrs Lusiawati -
Date Deposited: 07 Oct 2021 04:27
Last Modified: 07 Oct 2021 04:27
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/52957

Actions (login required)

View Item View Item