IRNI DARMAWANTI, 165060056 (2020) ANALISIS MODEL PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR (Penelitian Analisis Deskriptif Kualitatif dengan Teknik Studi Pustaka). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1. COVER.pdf Download (60kB) | Preview |
|
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (107kB) | Preview |
|
|
Text
5. ABSTRAK.pdf Download (32kB) | Preview |
|
|
Text
6. ABSTRACT.pdf Download (30kB) | Preview |
|
|
Text
7. RINGKESAN.pdf Download (32kB) | Preview |
|
|
Text
10. BAB I.pdf Download (274kB) | Preview |
|
|
Text
11. BAB II.pdf Download (167kB) | Preview |
|
Text
12. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (170kB) |
||
Text
13. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (126kB) |
||
Text
14. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (38kB) |
||
|
Text
15. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (205kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilandasi oleh rendahnya tingkat kreativitas peserta didik sekolah dasar. Faktor penyebab rendahnya kreativitas adalah karena penggunaan model pembelajaran yang belum sesuai, kurangnya media pembelajaran yang digunakan, pendekatan masih berpusat pada guru (teacher center) yang dapat membuat peserta didik kurang berminat dan tidak memiliki antusiasme dalam belajar karena tidak adanya variasi di dalam proses pelaksanaan pembelajaran, serta peserta didik tidak memiliki rasa percaya diri untuk mengemukakan pendapatnya. Berdasarkan permasalahan tersebut, tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan kreativitas peserta didik sekolah dasar melalui model project based learning. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif dengan teknik studi Pustaka. Data yang diperoleh terdiri dari dua sumber data, yaitu data primer sebagai data utama berupa 12 jurnal yang dianalisis, dan data sekunder sebagai data tambahan berupa jurnal, skripsi terdahulu, serta video. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis interpetatif, komparatif, deduktif, dan induktif. Hasil analisis menunjukkan bahwa model project based learning dapat meningkatkan kreativitas peserta didik sekolah dasar, dengan kegiatan membuat suatu proyek untuk memecahkan dan menyelesaikan permasalahan selama kegiatan pembelajaran berlangsung. Hal tersebut dibuktikan dalam setiap sumber yang dianalisis menyatakan bahwa terdapat peningkatan kreativitas peserta didik dalam pembelajaran dengan menggunakan model project based learning. Peserta didik yang memiliki kreativitas rendah perlu dilatih secara terus-menerus agar kreativitasnya dapat meningkat. Maka dari itu diperlukan pembelajaran model project based learning agar peserta didik dapat melatih kreativitasnya. Kata Kunci: Model project based learning, kreativitas, peserta didik.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2018 |
Depositing User: | Iyas - |
Date Deposited: | 10 Dec 2020 04:19 |
Last Modified: | 10 Dec 2020 04:19 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/50117 |
Actions (login required)
View Item |