REZA MERIZA, 165020034 (2020) PENGARUH SELF-EFFICACY DAN LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK (Survey Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IIS Di SMA Negeri 1 Parongpong Tahun Akademik Semester I 2020-2021). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
Cover (2).pdf Download (111kB) | Preview |
|
|
Text
Lembar Pengesahan.pdf Download (145kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK 1.pdf Download (151kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRACK 2.pdf Download (86kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK 3.pdf Download (85kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (199kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (255kB) | Preview |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (411kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (341kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (90kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (98kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini berjudul “Pengaruh Self-efficacy dan lingkungan sekolah terhadap motivasi belajar peserta didik” yang dilatar belakangi oleh, betapa pentingnya motivasi belajar peserta didik dalam mencapai tujuan pendidikan nasional, dan menyiapkan sumber daya manusia (SDM) yang unggul pada era Indonesia emas tahun 2045. Lokasi penelitian di SMA Negeri 1 Parongpong dengan hipotesis yang berbunyi: (1) Terdapat pengaruh yang signifikan antara Self-efficacy terhadap motivasi belajar peserta didik di SMA Negeri 1 Parongpong kelas XI IIS pada mata pelajaran ekonomi, (2) Terdapat pengaruh yang signifikan antara Lingkungan sekolah terhadap motivasi peserta didik di SMA Negeri 1 Parongpong kelas XI IIS pada mata pelajaran ekonomi, (3) Selfefficacy dan lingkungan sekolah berpengaruh signifikan terhadap motivasi belajar peserta didik di SMA Negeri 1 Parongpong kelas XI IIS pada mata pelajaran ekonomi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan desain penelitian survey dengan teknik deskriptif kuantitatif dan menggunakan kuesioner sebagai alat pengumpulan data. Teknik pengolahan data dalam penelitian ini menggunakan bantuan dari program SPSS 23.0 for windows. Hasil penelitian dilapangan menunjukkan data yang terdapat 141 populasi peserta didik kelas XI tahun ajaran 2020-2021. Dan dapat diperoleh sampel sebanyak 58 peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hipotesis: (1) Self-efficacy tidak berpengaruh signifikan terhadap motivasi belajar peserta didik, (2) Lingkungan sekolah berpengaruh signifikan terhadap motivasi belajar peserta didik, (3) Selfefficacy dan lingkungan sekolah berpengaruh signifikan terhadap motivasi belajar peserta didik dengan potensi kebenaran 54,7% ditentukan oleh faktor self-efficacy (10,2%) dan lingkungan sekolah (44,5%), sedangkan 45,3% ditentukan oleh faktor lain yang tidak di teliti dalam penelitian ini. Sebagai akhir penelitian penulis menyampaikan saran kepada orangtua agar peserta didik memiliki motivasi yang tinggi ketika belajar di rumah maupun di sekolah, kepada guru agar peserta didik bisa meningkatkan self-efficacy yang dimilikinya dan mempunyai motivasi tinggi ketika belajar di kelas, kepada peserta didik untuk meningkatkan self-efficacy dalam dirinya masing-masing dan menjaga lingkungan sekolahnya, kepada sekolah agar peserta didik lebih nyaman dan semangat untuk belajar, dan yang terakhir kepada peneliti selanjutnya agar mengadakan penelitian lebih lanjut terhadap variabel self-efficacy dan variabel-variabel lainnya yang belum di teliti dalam penelitian ini. Kata Kunci: Self-Efficacy, Lingkungan Sekolah, Motivasi Belajar.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2018 |
Depositing User: | Iyas - |
Date Deposited: | 27 Nov 2020 07:42 |
Last Modified: | 27 Nov 2020 07:42 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/50096 |
Actions (login required)
View Item |