ANALISIS HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI MODEL COOPERATIVE LEARNING TYPE THINK-PAIR-SHARE DI SEKOLAH DASAR (Analisis Deskriptif Kualitatif dengan Teknik Studi Literatur)

VIDA MARDIANAWATI, 165060059 (2020) ANALISIS HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI MODEL COOPERATIVE LEARNING TYPE THINK-PAIR-SHARE DI SEKOLAH DASAR (Analisis Deskriptif Kualitatif dengan Teknik Studi Literatur). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Lembar Pengesahan.pdf

Download (76kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. Abstrak Bahasa Indonesia.pdf

Download (32kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. Abstrak Bahasa Inggris.pdf

Download (32kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. Abstrak Bahasa Sunda.pdf

Download (32kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB I.pdf

Download (279kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB II.pdf

Download (186kB) | Preview
[img] Text
8. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (161kB)
[img] Text
9. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (126kB)
[img] Text
10. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (44kB)
[img]
Preview
Text
11. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (137kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi adanya permasalahan mengenai rendahnya hasil belajar peserta didik. Ada dua faktor yang mempengaruhi hasil belajar peserta didik yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Berdasarkan hasil penelitian terdahulu dari beberapa jurnal bahwa model cooperative learning tipe think pair share dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Penelitian studi kepustakaan ini bertujuan untuk menganalisis hasil belajar peserta didik melalui model pembelajaran kooperatif tipe think pair share di sekolah dasar. Metode penelitian dalam penelitian ini adalah penelitian studi kepustakaan dengan pendekatan penelitian deskriptif kualitatif. Data dalam penelitian ini didapatkan dari buku, jurnal, dan artikel dengan teknik pengumpulan data yaitu editing, finding, and organizing. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data deduktif, induktif, komparatif, dan interpretatif. Hasil belajar merupakan pencapaian tujuan pada pembelajaran yang dilakukan. Hasil analisis yang dilakukan oleh penulis yaitu setelah menggunakan model cooperative learning tipe think pair share terjadi peningkatan hasil belajar yang optimal. Hal ini membuktikan bahwa model kooperatif tipe think pair share berdampak positif terhadap pembelajaran yaitu peningkatan hasil belajar peserta didik di Sekolah Dasar. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu model think pair share ini merupakan model pembelajaran yang memberikan kesempatan bagi peserta didik untuk berpikir kritis, menjawab pertanyaan, berbagi pendapat serta meningkatkan aktivitas belajar peserta didik dan meningkatkan aktivitas guru dalam mengajar. Strategi model pembelajaran kooperatif tipe think pair share ini yaitu diawali tahap berpikir, berpasangan, dan berbagi. Sehingga model pembelajaran kooperatif tipe think pair share ini dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik di Sekolah Dasar. Kata Kunci : Hasil Belajar, Model Cooperative Learning, Peserta Didik, Think Pair Share.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2018
Depositing User: Mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 28 Oct 2020 06:53
Last Modified: 28 Oct 2020 06:53
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/49859

Actions (login required)

View Item View Item