PENGARUH PENGGUNAAN JEJARING MEDIA SOSIAL INSTAGRAM TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF MAHASISWA DI UNIVERSITAS PASUNDAN (Survey Pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi Angkatan Tahun 2016, 2017, 2018, dan 2019)

FEBRILLIA DEVI, 165020099 (2020) PENGARUH PENGGUNAAN JEJARING MEDIA SOSIAL INSTAGRAM TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF MAHASISWA DI UNIVERSITAS PASUNDAN (Survey Pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi Angkatan Tahun 2016, 2017, 2018, dan 2019). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
Cover Skripsi.pdf

Download (213kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak Bahasa Indonesia.pdf

Download (186kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak Bahasa Inggris.pdf

Download (185kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak Bahasa Sunda.pdf

Download (464kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab I.pdf

Download (504kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab II.pdf

Download (773kB) | Preview
[img] Text
Bab III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (593kB)
[img] Text
Bab IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
Bab V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (187kB)
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (420kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (i) bagaimana penggunaan jejaring sosial instagram mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi (ii) bagaimana perilaku konsumtif mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi (iii) seberapa besar pengaruh penggunaan jejaring sosial instagram terhadap perilaku konsumtif mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi. (iv) upaya apa yang dapat dilakukan untuk meminimalisir perilaku konsumtif mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi. Metode penelitian yang digunakan adalah survey, dengan sampel berjumlah 197 mahasiswa. Untuk mencari pengaruh, analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear sederhana. Adapun hasil penelitian sebagai berikut: (i) jejaring sosial instagram selain digunakan untuk mengunggah foto atau video mahasiswa juga menggunakan instagram untuk berbelanja online. Mahasiswa setuju bahwa online shop di instagram terpercaya dengan melihat beberapa indikator seperti jumlah followers, keterbukaan online shop terhadap konsumen, pelayanan onlineshop dan kualitas barang yang dijual melalui komentar. Hal ini berdasarkan hasil olah data yang menunjukkan bahwa skor ratarata yaitu 3,60 ada pada kategori setuju. (ii) rata-rata mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi berperilaku konsumtif. Hal ini berdasarkan hasil olah data yang menunjukkan bahwa skor rata-rata berada pada 3,28 yaitu ada pada kategori setuju. (iii) hasil analisis regresi linear sederhana menunjukkan terdapat pengaruh jejaring sosial instagram terhadap perilaku konsumtif mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi. Dengan nilai R2 sebesar adalah 0,248 yang dapat ditafsirkan bahwa jejaring sosial instagram memiliki kontribusi sebesar 24,8% terhadap perilaku konsumtif mahasiswa. (iv) upaya yang dapat dilakukan untuk meminimalisir perilaku konsumtif adalah dengan cara menabung, membuat anggaran belanja dan skala prioritas, kurangi mengikut online shop di instagram, kurangi membeli barang branded, dan mulailah untuk berinvestasi.Sebagai akhir penelitian ini, penulis memberikan saran bagimahasiswa, dengan adanya penelitian ini diharapkan mahasiswa dapat menerapkan upaya yang dapat dilakukan untuk meminimalisir perilaku konsumtif, dengan cara berbelanja online sewajarnya saja, membeli barang karena kebutuhan bukan keinginan, dan mulailah untuk memikirkan masa depan dengan cara berinvestasi. Kata Kunci:Jejaring SosialInstagram, Perilaku KonsumtifMP

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2018
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 23 Oct 2020 06:09
Last Modified: 23 Oct 2020 06:09
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/49666

Actions (login required)

View Item View Item