ANALISIS PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA SEKOLAH DASAR (Analisis Desktiptif Kualitatif Dengan Teknik Studi Pustaka)

JONA ROSALIA, 165060061 (2020) ANALISIS PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA SEKOLAH DASAR (Analisis Desktiptif Kualitatif Dengan Teknik Studi Pustaka). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (56kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (164kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak Indonesia.pdf

Download (184kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak Inggris.pdf

Download (183kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak Sunda.pdf

Download (183kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (410kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (375kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (313kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (341kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (190kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (187kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Skripsi ini adalah hasil penelitian studi pustaka (library research), yang berjudul Analisis Pengaruh Model Discovery Learning terhadap hasil belajar kognitif siswa Sekolah Dasar (Analisis Deskriptif Kualitstif dengan Teknik Studi Pustaka). Penelitian ini untuk menjawab tiga permasalahan, yaitu bagaimana konsep model discovery learning dalam proses pembelajdapat aran, Apakah discoveri learning meningkatkan hasil belajar kognitif peserta didik, dan bagaimana hasil analisis data penelitian. Data penelitian ini diperoleh dari beberapa jurnal yang membahas tentang pengaruh model pembelajaran discovery lerning terhadap hasil belajar kognitif siswa Sekolah Dasar. Jenis penelitian ini yaitu analisis deskriptif kualitatif dengan teknik studi pustaka. Hasil analisis data menggunakan teknik analisis komparatif dan teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh metode pembelajaran Discovery Learning terhadap hasil belajar siswa. Hal ini dikarenakan metode pembelajaran Discovery Learning menekankan pada proses belajar yang dilakukan oleh siswa. Proses pembelajaran yang melibatkan siswa secara aktif membuat siswa lebih memahami materi pelajaran. Jika dibandingkan dengan hasil belajar siswa yang menggunakan metode pembelajaran konvensional, maka akan terlihat perbedaan hasil belajar yang signifikan. Artinya, metode pembelajaran konvensional kurang efektif untuk pembelajaran. Kata kunci: Discovery Learning, Hasil Belajar, dan Studi Pustaka

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2018
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 09 Oct 2020 04:00
Last Modified: 09 Oct 2020 04:00
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/49052

Actions (login required)

View Item View Item