PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA (Penelitian Quasi Eksperimen pada Tema 1 Hidup Rukun Sub Tema 2 Hidup Rukun Dengan Teman Bermain Kelas II SD Negeri 6 Cikidang Kabupaten Bandung Barat)

RIMA MONIKA, 155060119 (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA (Penelitian Quasi Eksperimen pada Tema 1 Hidup Rukun Sub Tema 2 Hidup Rukun Dengan Teman Bermain Kelas II SD Negeri 6 Cikidang Kabupaten Bandung Barat). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER SKRIPSI.pdf

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (179kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK IND.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK ING.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK SND.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI SKRIPSII.pdf

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (230kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (590kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (546kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (928kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (94kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA .pdf

Download (319kB) | Preview
[img]
Preview
Text
RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (125kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh model pembelajaran picture and picture terhadap prestasi belajar siswa pada Tema 1 Hidup Rukun Sub Tema 2 Hidup Rukun dengan Teman Bermain kelas II di SD Negeri 6 Cikidang Kecamatan Lembang Kabupaten Bandung Barat. Penelitian ini didasari dengan latar belakang peserta didik yang kurang menunjukkan prestasi belajar yang memuaskan atau dapat dikatakan bahwa prestasi belajar peserta didik masih di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal. Hal ini disebabkan pada kegiatan belajar mengajar, pendidik belum menggunakan model pembelajaran picture and picture tetapi masih menggunakan model pembelajaran konvensional (ceramah) yang cenderung monoton. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan bentuk noneequivalent control group design. Pengambilan data dilakukan melalui tes (pretest dan posttest) serta non tes (observasi dan dokumentasi). Sampel yang digunakan yaitu kelas II A sebagai kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran picture and picture dan kelas II B sebagai kelas kontrol menggunakan model konvensional (ceramah) di SD Negeri 6 Cikidang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan uji normalitas, uji mann withney, dan uji gain ternormalisasi yang dilakukan dengan bantuan SPSS 16 serta perhitungan effect size. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan prestasi belajar siswa dengan nilai Asymp. Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 melalui uji Mann Whitney, terdapat peningkatan prestasi belajar di kelas eksperimen sebanyak 57% dan 25% di kelas kontrol melalui uji N-gain, dan terdapat pengaruh model pembelajaran picture and picture sebesar 0,5 < 1,18 dengan kategori efek besar berdasarkan interpretasi effect size. Dengan demikian model pembelajaran picture and picture memberikan pengaruh besar terhadap prestasi belajar siswa kelas II di SD Negeri 6 Cikidang. Kata kunci : Model pembelajaran picture and picture, Prestasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2018
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 14 Oct 2019 04:11
Last Modified: 14 Oct 2019 04:11
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/45881

Actions (login required)

View Item View Item