PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS, REPRESENTASI MATEMATIS SERTA DAMPAKNYA PADA KECEMASAN BELAJAR MATEMATIKA SISWA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA

Windi Purnama Sari, NPM.168060001 and Rully Indrawan and Bana G Kartasasmita (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS, REPRESENTASI MATEMATIS SERTA DAMPAKNYA PADA KECEMASAN BELAJAR MATEMATIKA SISWA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA. Thesis(S2) thesis, UNIVERSITAS PASUNDAN.

[img] Text
Windi Purnama Sari_MPM2.docx

Download (29kB)
[img] Text
1 COVER TESIS.docx

Download (93kB)
[img] Text
4 ABSTRAK TESIS.docx

Download (22kB)
[img] Text
9 Daftar Pustaka TESIS.docx

Download (26kB)
[img] Text
BAB I TESIS.docx

Download (41kB)
[img] Text
BAB II TESIS.docx

Download (55kB)
[img] Text
BAB III TESIS.docx
Restricted to Repository staff only

Download (111kB)
[img] Text
BAB IV TESIS.docx
Restricted to Repository staff only

Download (754kB)
[img] Text
BAB V TESIS.docx
Restricted to Repository staff only

Download (22kB)

Abstract

Rendahnya kemampuan berpikir kritis dan representasi serta tingginya kecemasan belajar matematika siswa VII SMP Negeri 2 Karawang Timur merupakan permasalahan yang menuntut guru untuk dapat menciptakan dan menggunakan suatu pendekatan baru dalam pembelajaran. Penelitian ini merupakan metode campuran (Mixed Methods) tipe Embedded Design dengan jenis Embedded Experimental Model dengan desain penelitian berbentuk pretes-postes control grup design, bertujuan untuk melakukan studi yang berfokus pada penggunaan pembelajaran Quantum teaching yang diduga dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan representasi serta dampaknya terhadap kecemasan belajar matematika siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMP Negeri 2 Karawang Timur. Pemilihan sampel dilakukan dari populasinya secara purposive (purposive sampling) 2 kelas yang pada tahun ajaran 2017/2018. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes kemampuan berpikir kritis matematis, tes kemampuan representasi matematis, angket kecemasan belajar matematika, lembar observasi, dan wawancara. Berdasarkan analisis data diperoleh kesimpulan bahwa (1) Peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang memperoleh pembelajaran Quantum teaching lebih baik daripada peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis siswa tinggi, sedang rendah yang memperoleh pembelajaran konvensional. (2) Peningkatan kemampuan representasi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran Quantum teaching lebih baik daripada peningkatan kemampuan representasi matematis siswa tinggi, sedang, dan rendah yang memperoleh pembelajaran konvensional (3) kecemasan belajar matematika siswa tinggi, sedang, dan rendah yang memperoleh pembelajaran Quantum teaching lebih baik daripada kecemasan belajar matematika siswa tinggi, sedang, dan rendah yang memperoleh pembelajaran konvensional, (4) terdapat korelasi negatif antara kecemasan belajar matematika dengan kemampuan berpikir kritis dan representasi matematis, (5) Terdapat korelasi positif antara kemampuan berpikir kritis dengan representasi matematis. Kata kunci : Quantum Teaching, kemampuan berpikir kritis, kemampuan representasi, kecemasan belajar matematika siswa.

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Pendidikan Matematika 2018
Depositing User: asep suryana
Date Deposited: 04 Jan 2019 08:02
Last Modified: 26 Oct 2021 03:19
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/40280

Actions (login required)

View Item View Item