FATIMAH ZAHRA AZHARI, 135060076 (2017) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA SUBTEMA PERUBAHAN LINGKUNGAN DI SDN KARANGSARI (Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas V Semester II Tahun Ajaran 2016/2017 SDN Karangsari Kecamatan Haurwangi Kabupaten Cianjur). Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.
|
Text
Cover.pdf Download (17kB) | Preview |
|
|
Text
6. ABSRAK BAHASA INDO.pdf Download (84kB) | Preview |
|
|
Text
7. ABSTRAK BAHASA INGGRIS.pdf Download (6kB) | Preview |
|
|
Text
8. ABSTRAK B.SUNDA.pdf Download (85kB) | Preview |
|
|
Text
11. Bab I Pendahuluan.pdf Download (160kB) | Preview |
|
|
Text
12. BAB II.pdf Download (216kB) | Preview |
|
|
Text
13. BAB III.pdf Download (435kB) | Preview |
|
Text
14. BAB IV TERBARU.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (90kB) |
||
|
Text
15. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (82kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi hasil observasi awal penelitian di kelas V SDN Karangsari Kecamatan Haurwangi Kabupaten Cianjur, ditemukan permasalahan pada subtema perubahan lingkungan yaitu hasil belajar siswa rendah. Seiring dengan permasalahan tersebut tujuan penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar siswa di kelas V pada subtema perubahan lingkungan. Dalam pelaksanaan penelitian ini dilakukan tiga siklus, subjek penelitiannya adalah siswa kelas V SDN Karangsari yang berjumlah 38 orang yang terdiri dari 16 laki-laki dan 22 perempuan. Perolehan hasil belajar dalam penelitian tindakan kelas pada siklus I presentase hasil belajar sebanyak 39,47% atau sebanyak 15 orang yang dinyatakan tuntas, pada siklus II sebanyak 52,63% atau sebanyak 20 orang yang dinyatakan tuntas, sedangkan pada siklus III sebanyak 86,84% atau sebanyak 33 orang yang dinyatakan tuntas, siswa yang dinyatakan tuntas merupakan siswa yang nilainya memenuhi (KKM) yang telah ditetapkan yaitu 70. Hal ini menunjukan hasil penelitian dengan menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning pada subtema perubahan lingkungan di kelas V SDN Karangsari terjadi peningkatan setiap siklusnya dan dapat dinyatakan berhasil meningkatkan hasil belajar siswa. Kata Kunci: Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning dan Hasil Belajar
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2017 |
Depositing User: | mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 16 Oct 2017 12:13 |
Last Modified: | 16 Oct 2017 12:13 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/30814 |
Actions (login required)
View Item |