PENGGUNAAN PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) DALAM UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN SELF EFFICACY SISWA SMP

IRAWAN SUTIAWAN, NPM : 148060070 (2017) PENGGUNAAN PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) DALAM UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN SELF EFFICACY SISWA SMP. Thesis(S2) thesis, Unpas.

[img] Text
1. lembar pengesahan tesis.docx

Download (76kB)
[img] Text
4. ABSTRAK tesis.docx

Download (21kB)
[img] Text
5. DAFTAR ISI.docx

Download (25kB)
[img] Text
BAB I Tesis.docx

Download (51kB)
[img] Text
BAB II Tesis.docx

Download (32kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA tesis.docx

Download (26kB)

Abstract

Matematika merupakan salah satu matapelajaran yang penting untuk dipelajari karena keberadaannya dapat membantu manusia untuk memecahkan berbagai masalah dalam kehidupan sehari-hari.Salah satu peran dan tugas guru dalam rangka memaksimalkan kesempatan belajar siswa adalah agar siswa memiliki kemampuan pemecahan masalah matematis. Hal tersebut dilakukan agar siswa bisa menyelesaikan permasalahan didalam kehidupannya.Untuk itu, guru dalam prosesnya perlu mempertimbangkan pembelajaran yang dapat mendorong siswa untuk mencapai kemampuan tersebut, yaitu pembelajaran CPS.Dalam penelitian yang dilakukan, siswa dibagi berdasarkan Kemampuan Awal Matematis (KAM). Metode penelitian yang digunakan adalah metode campuran Concurrent Triangulation. Populasi pada penelitian ini adalah kelas VIII SMP Darul Hikam Bandung dan sampelnya berupa 2 kelas yang diambil secara acak. Instrumen yang digunakan berupa tes dan non tes. instrumen tes berupa tes kemampuan pemecahan masalah matematis, non tes berupa angket self efficacy, lembar wawancara, dan lembar observasi. Berdasarkan data penelitian dan analisis data, diperoleh kesimpulan bahwa:(1) Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang memperoleh pembelajaran CPS lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional ditinjau dari keseluruhan siswa dan KAM (unggul dan asor)(2) Self efficacysiswa yang memperoleh pembelajaran CPS lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional ditinjau dari keseluruhan siswa dan KAM (unggul dan asor) (3) Terdapat pengaruhpositif self efficacyterhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Kata kunci: pembelajaran Creative Problem Solving, kemampuan pemecahan masalah matematis, Self Efficacy

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Pendidikan Matematika 2017
Depositing User: Mrs Lusiawati -
Date Deposited: 14 Jul 2017 04:16
Last Modified: 14 Jul 2017 04:16
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/28328

Actions (login required)

View Item View Item