HENDRO WINATA PRIANDOKO, 125060291 (2017) PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENUMBUHKAN SIKAP CERMAT DAN MANDIRI SERTA MENINGKATKAN NILAI HASIL BELAJAR (Penelitian Tindakan Kelas pada Tema Kerukunan dalam bermasyarakat Sub Tema hidup rukun di Kelas V SDN Soka 34 Bandung Tahun Ajaran 2016/2017). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1.COVER SKRIPSI.pdf Download (27kB) | Preview |
|
|
Text
6 abstrak indonesia.pdf Download (90kB) | Preview |
|
|
Text
abstract english.pdf Download (85kB) | Preview |
|
|
Text
1. BAB I.pdf Download (324kB) | Preview |
|
|
Text
2. BAB II.pdf Download (394kB) | Preview |
|
|
Text
3 .BAB III.pdf Download (539kB) | Preview |
|
|
Text
4. BAB IV.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
5. .BAB V.pdf Download (93kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (84kB) | Preview |
Abstract
Penelitian yang berjudul penerapan model Discovery Learning untuk menumbuhkan sikap cermat dan mandiri serta meningkatkan nilai hasil belajar, dilatar belakangi oleh permasalahan yang ada di lapangan yaitu hasil belajar peserta didik yang belum memenuhi KKM yang telah ditetapkan sehingga menyebabkan rendahnya sikap cermat dan mandiri serta nilai hasil belajar. Hal ini disebabkan oleh guru yang masih menggunakan metode konvensional atau metode ceramah pada saat pembelajaran. Desain penelitian ini menggunakan model PTK yang terdiri dari 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan sikap yaitu cermat siklus I sebesar 64% dan siklus II sebesar 91% sedangkan mandiri siklus I sebesar 62% dan siklus II sebesar 92%, serta hasil belajar peserta didik juga meningkat seiring dengan berjalannya pertemuan. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah bahwa penerapan model Discovery Learning dapat menumbuhkan sikap cermat dan mandiri serta hasil belajar peserta didik pada Tema Kerukunan dalam bermasyarakat Sub Tema hidup rukun di Kelas V SDN SOKA 34 Bandung. Peserta didik juga menunjukkan sikap/respon positif terhadap proses pembelajaran dengan menggunakn model Discovery Learning. Dengan demikian, penerapan model Discovery Learning dapat dijadikan alternatif model pembelajaran untuk diterapkan pada pembelajaran. Kata Kunci: Discovery Learning, cermat, mandiri, nilai hasil belajar.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2016 |
Depositing User: | Mr Andi Wijaya |
Date Deposited: | 30 Jan 2017 02:24 |
Last Modified: | 30 Jan 2017 02:24 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/15324 |
Actions (login required)
View Item |