PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN TEKNIK MIND MAPPING DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA DAN MENGURANGI KECEMASAN MATEMATIKA (MATHEMATICS ANXIETY)

Heri Yanto, NPM. 148060011 (2016) PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN TEKNIK MIND MAPPING DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA DAN MENGURANGI KECEMASAN MATEMATIKA (MATHEMATICS ANXIETY). Thesis(S2) thesis, UNPAS.

[img] Text
1.cover.docx

Download (88kB)
[img] Text
ARTIKEL.docx

Download (686kB)
[img] Text
1.cover.docx

Download (88kB)
[img] Text
4. ABSTRAK.rtf

Download (66kB)
[img] Text
ABSTRAK.docx

Download (21kB)
[img] Text
BAB 1.docx

Download (25kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (38kB)
[img] Text
BAB III.docx
Restricted to Repository staff only

Download (153kB)
[img] Text
BAB IV.docx
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
BAB V.docx
Restricted to Repository staff only

Download (20kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA ok.docx

Download (22kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah mengkaji masalah peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis dan mengurangi kecemasan matematis siswa melalui pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan teknik Mind Mapping. Metode penelitiannya berupa Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan kuasi eksperimen menggunakan desain pretes-postes. Populasi dari penelitian ini adalah siswa SMP N 1 Cigedug Kabupaten Garut, adapun sampelnya adalah siswa kelas VII-D sebagai kelas kontrol dan kelas VII-C sebagai kelas eksperimen. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah instrumen tes yaitu 5 soal tes kemampuan pemahaman konsep dan instrumen non tes berupa angket kecemasan matematika, angket skala sikap dan lembar observasi. Hasil penelitian ini adalah: 1) peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang mendapatkan pembelajaran matematika dengan menggunakan Problem Based Learning dengan teknik Mind Mapping lebih baik daripada siswa yang menggunakan pembelajaran kontrol; 2) terdapat pengurangan tingkat kecemasan matematika siswa setelah mendapatkan pembelajaran menggunakan Problem Based Learning dengan teknik Mind Mapping, pengurangannnya berada pada kategori kadang – kadang cemas; 3) sikap siswa positif terhadap pembelajaran matematika menggunakan Problem Based Learning dengan teknik Mind Mapping. Kata kunci : Pembelajaran Problem Based Learning dengan teknik Mind Mapping, kemampuan pemahaman konsep matematis siswa, dan kecemasan matematika (Mathematics Anxiety)

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Pendidikan Matematika 2016
Depositing User: asep suryana
Date Deposited: 25 Nov 2016 02:52
Last Modified: 01 Oct 2021 03:46
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/14123

Actions (login required)

View Item View Item