LAELA MARDIANI, 085060051 (2016) PENERAPAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA PEMBELAJARAN IPA TENTANG MATERI STUKTUR DAUN TUMBUHAN DENGAN FUNGSINYA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA (Penelitian Tindakan Kelas pada Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 1 Ambit Kecamatan Waled Kabupaten Cirebon). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
Text
1 HALAMANN JUDUL.docx Download (22kB) |
|
Text
2 HALAMAN PENGESAHAN.doc Restricted to Repository staff only Download (29kB) |
|
Text
3 PERNYATAAN.docx Download (12kB) |
|
Text
4 MOTTO.doc Restricted to Repository staff only Download (56kB) |
|
Text
5 KATA PENGANTAR.doc Restricted to Repository staff only Download (93kB) |
|
Text
6 ABSTRAK.docx Download (14kB) |
|
Text
7 DAFTAR ISI.doc Download (71kB) |
|
Text
BAB 1.docx Download (36kB) |
|
Text
BAB II.docx Download (194kB) |
|
Text
BAB III.docx Restricted to Repository staff only Download (56kB) |
|
Text
BAB IV.docx Restricted to Repository staff only Download (136kB) |
|
Text
BAB V.docx Restricted to Repository staff only Download (29kB) |
|
Text
DAFTAR FUSTAKA.docx Download (28kB) |
|
Text
RIWAYAT HIDUP.docx Restricted to Repository staff only Download (53kB) |
Abstract
Penelitian dengan judul penerapan pendekatan kontekstual pada pembelajaran IPA tentang materi stuktur daun tumbuhan dengan fungsinya untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan proses pelaksanaan, hasil belajar, dan respon siswa terhadap pendekatan pembelajaran di SDN 1 Ambit melalui penerapan pendekatan pembelajaran kontekstual. Dilatarbelakangi oleh pembelajaran yang bersifat teacher centered, atau bersifat konvensional sehingga menjadi rendah keaktifan dan kreativitas siswa, pemanfaatan media yang masih kurang, sehingga hasil belajar IPA materi stuktur daun tumbuhan dengan fungsinya rendah. Desain penelitian ini menggunakan model Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus, dengan ketentuan satu siklus tiga kali tindakan. Setiap siklusnya meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukan bahwa adanya peningkatan yang berarti proses pelaksanaan pembelajaran kontekstual, maupun hasil belajar siswa. Kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini adalah penerapan pendekatan kontekstual di kelas IV pada pelajaran IPA di SDN 1 Ambit terbukti efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa dan dapat menanamkan sikap kerjasama dalam proses pembelajaran. Sedangkan hasil belajar siswa pada siklus 1 rata- rata 59,6 dengan persentase yang mencapai KKM 41,6%, sedangkan pada siklus II nilai rata- rata 75,1 dengan persentase yang mencapai KKM 83,3%. Serta hasil respon siswa terhadap proses tindakan pembelajaran kontekstual “Hampir Seluruhnya” setuju merespon terhadap indikator pembelajaran kontekstual. Hal tersebut membuktikan bahwa penerapan pendekatan pembelajaraan kontekstual dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Kata Kunci: Pembelajaran Kontekstual, Pembelajaran IPA, Stuktur Daun Tumbuhan dengan Fungsinya dan Hasil Belajar.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2012 |
Depositing User: | Iyas - |
Date Deposited: | 27 Oct 2016 14:46 |
Last Modified: | 27 Oct 2016 14:46 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/13927 |
Actions (login required)
View Item |