Sumpena Rohaendi, NPM. 128612002 (2014) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS DAN DAMPAKNYA PADA SELF CONFIDENCE SISWA SMP. Thesis(S2) thesis, UNPAS.
Text
ABSTRAK.docx Download (23kB) |
|
Text
ABSTRACT inggeris.docx Download (18kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA TESIS KU.docx Download (19kB) |
|
Text
BAB 1.docx Download (33kB) |
|
Text
BAB II REVISI.docx Download (51kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan pemahaman matematis siswa yang memperoleh pembelajaran dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share lebih baik daripada kemampuan pemahaman matematis siswa yang memperoleh pembelajaran matematika secara konvensional berdasarkan kemampuan awal matematika (tinggi, sedang, rendah). Tujuan lain adalah untuk mengetahui dampak self confidence siswa yang memperoleh pembelajaran dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share adalah sangat tinggi, serta untuk mengetahui hubungan yang positif antara kemampuan pemahaman matematis dan self confidence siswa. Model penelitian ini menggunakan penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Rancakalong sebanyak enam kelas. Sebagai sampelnya diambil dua kelas, didapat kelas VIII-D sebanyak 32 siswa sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share dan kelas VIII-C sebanyak 33 siswa sebagai kelas kontrol dengan menggunakan pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan untuk pengumpulan data adalah tes kemampuan awal matematika (KAM), kemampuan pemahaman matematis dan angket self confidence siswa. Dari hasil analisis gain ternormalisasi kemampuan pemahaman matematis berdasarkan KAM dengan menggunakan uji Kendall’s W menunjukkan, terdapat perbedaan peningkatan kemampuan pemahaman matematis antara siswa yang pembelajarannya menggunakan model think pair share dengan konvensional. Karena rerata gain ternormalisasi pada siswa yang pembelajarannya menggunakan model think pair share lebih kecil dari kelas kontrol. Hal tersebut menunjukkan kemampuan pemahaman matematis siswa yang memperoleh pembelajaran dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share tidak lebih baik daripada kemampuan pemahaman matematis siswa yang memperoleh pembelajaran matematika secara konvensional berdasarkan kemampuan awal matematika (tinggi, sedang, rendah). Sedangkan data hasil self confidence siswa dapat disimpulkan bahwa dampak self confidence siswa yang memperoleh pembelajaran dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share adalah sangat tinggi. Hal ini diperlihatkan dari data hasil angket self confidence. Berdasarkan hasil analisis hubungan (korelasi), ternyata tidak terdapat hubungan yang positif antara kemampuan pemahaman matematis dengan self confidence siswa. Kata Kunci: Pembelajaran kooperatif tipe think pair share; kemampuan pemahaman matematis; self confidence.
Item Type: | Thesis (Thesis(S2)) |
---|---|
Subjects: | S2-Thesis |
Divisions: | Pascasarjana > S2-Pendidikan Matematika 2014 |
Depositing User: | asep suryana |
Date Deposited: | 05 Sep 2016 14:45 |
Last Modified: | 05 Sep 2016 14:45 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/11416 |
Actions (login required)
View Item |