RESYA NAIS, 125030043 (2016) PEMBELAJARAN MEMPRODUKSI TEKS ULASAN DRAMA BERDASARKAN NILAI MORAL DENGAN MENGGUNAKAN TEKNIK NOTE TAKING PAIRS PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 22 BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1 COVER.pdf Download (109kB) | Preview |
|
|
Text
7 ABSTRAK.pdf Download (133kB) | Preview |
|
|
Text
8 ABSTRACT.pdf Download (132kB) | Preview |
|
|
Text
9 DAFTAR ISI.pdf Download (107kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 1.pdf Download (196kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (349kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV baru.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (15kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA 2.pdf Download (92kB) | Preview |
Abstract
Menulis sangat penting bagi pendidikan karena memudahkan para pelajar berpikir. Pembelajaran menulis sangat diperlukan peserta didik, karena melalui menulis peserta didik dapat menuangkan segala gagasannya ke dalam bentuk tulisan yang baik, benar dan menarik . Menulis merupakan pekerjaan yang memerlukan waktu dan pemikiran yang teratur . Selain itu, menulis dapat memecahkan masalah - masalah yang kita hadapi, menyusun urutan bagi pengalaman. Tulisan dapat membantu kita menjelaskan pikiran - pikiran kita . T eks ulasan drama yakni hasil interpretasi terhadap suatu tayangan atas pementasan drama tertentu, dengan ulasan tersebut pembaca atau penyimak menjadi terbantu di dalam memahami suatu tayangan. Salah satu teknik yang dapat digunakan dalam pembelajaran memproduksi teks ulasan drama berdasarkan nilai moral adalah teknik note taking pairs . Teknik ini merupakan strategi untuk mendorong siswa untuk berpikir, berbicara, dan kemudian menuliskan suatu informasi yang siswa dapatkan dari berbagai hal. Berdasarkan penjelasan di atas, penulis te rtarik melakukan penelitian pem belajaran memproduksi teks ulasan drama berdasarkan nilai moral adalah teknik note taking pairs pada siswa kelas XI SM A N 22 Bandung. Penelitian in i bertujuan untuk mengetahui ke mampuan penulis d alam melaksanakan pembelajaran memproduksi teks ulasan drama berdasarkan nilai moral adalah teknik note taking pairs , untuk mengetahui kemampuan siswa kelas XI dalam memproduksi teks ulasan drama berdasarkan nilai moral adalah teknik note taking pairs dalam pembelajaran. Metode yang penulis gunakan dalam penelitian i ni adalah metode penelitian eks perimen semu atau quas i eksperiment dengan teknik penelitian observasi dan tes . Adapun hasil yang didapatkan penulis dari penelitian tersebut sebagai berikut. 1. Penulis mampu merencanakan, melaksanakan, dan menilai pembelajaran memproduksi teks ulasan drama berdasarkan nilai moral dengan menggunakan teknik note taking pairs. Hal tersebut terbukti dari perolehan nilai rata - rata penulis yang diberikan guru Bahasa Indonesia SM A N 22 Bandung, yaitu 3 ,65 . Nilai tersebut terma suk kategori baik sekali. 2. Siswa kelas XI Negeri 22 Bandung mampu memproduksi teks ulasan drama berdasarkan n ilai moral dengan menggunakan teknik note taking pairs . Hal ini dapat dilihat dari peningkatan belajar dengan nilai pascates lebih besar dari nilai p rate s yakni 7 7 , 86 ≥ 50, 16 3. Teknik note taking pair s efektif digunakan dalam pembelajaran memproduksi teks ulasan drama berdasarkan nilai moral dengan pembuktian hasil perhitungan statistik dan taraf signifikansi pr ates dan pascates , yaitu t sebesar 10,41 dan t tabel pada tingkat kepercayaan 95% sebesar 2,0 4 artinya t hitung ≥ t tabel. vii Berdasarkan fakta - fakta tersebut, penulis menyimpulkan bahwa penggunaan teknik note taking pairs terbukti efektif digunakan dalam pembelajaran memproduksi teks ulasan drama berdasarkan nilai moral . Dapat melatih kemampuan belajar siswa untuk hasil yang lebih baik dan membuat siswa lebih aktif dalam belajar. Kata kunci: Menulis, T eks Ulasan Drama , Note Taking Pairs
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2012 |
Depositing User: | mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 03 Sep 2016 15:05 |
Last Modified: | 03 Sep 2016 15:05 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/10157 |
Actions (login required)
View Item |