PENGGUNAAN MODEL DISCOVERY LEARNING DALAM MENINGKATKAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS V SDN PASIR NENGRE PADA PEMBELAJARAN IPS MATERI KERAGAMAN SUKU BANGSA DAN BUDAYA DI INDONESIA

FAUZIYAH DEWI MELATI, 115060298 (2016) PENGGUNAAN MODEL DISCOVERY LEARNING DALAM MENINGKATKAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS V SDN PASIR NENGRE PADA PEMBELAJARAN IPS MATERI KERAGAMAN SUKU BANGSA DAN BUDAYA DI INDONESIA. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img] Text
1. cover.docx

Download (50kB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.docx
Restricted to Repository staff only

Download (16kB)
[img] Text
3. PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.docx
Restricted to Repository staff only

Download (14kB)
[img] Text
4. KATA PENGANTAR.docx
Restricted to Repository staff only

Download (21kB)
[img] Text
5. UCAPAN TERIMAKASIH.docx
Restricted to Repository staff only

Download (26kB)
[img] Text
6. ABSTRAK.docx

Download (23kB)
[img] Text
7. DAFTAR ISI.docx
Restricted to Repository staff only

Download (27kB)
[img] Text
12. BAB I (lanjutan).docx

Download (18kB)
[img] Text
12. BAB I.docx

Download (30kB)
[img] Text
13. BAB II (lanjutan).docx

Download (19kB)
[img] Text
13. BAB II.docx

Download (504kB)
[img] Text
14. BAB III (lanjutan).docx
Restricted to Repository staff only

Download (18kB)
[img] Text
14. BAB III.docx
Restricted to Repository staff only

Download (79kB)
[img] Text
15. BAB IV (lanjutan).docx
Restricted to Repository staff only

Download (17kB)
[img] Text
15. BAB IV.docx
Restricted to Repository staff only

Download (160kB)
[img] Text
16. BAB V (lanjutan).docx
Restricted to Repository staff only

Download (18kB)
[img] Text
16. BAB V.docx
Restricted to Repository staff only

Download (23kB)
[img] Text
17. DAFTAR PUSTAKA (lanjutan).docx

Download (21kB)
[img] Text
17. DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (20kB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.docx
Restricted to Repository staff only

Download (58kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan sulitnya siswa ketika diminta bertanya dan menjawab pertanyaan, siswa merasa cukup ketika diberikan materi oleh guru dan tidak ada tanggapan atau sanggahan dari siswa atas pendapat yang mereka miliki ketika proses pembelajaran. Hal ini juga dibuktikan dengan rendahnya hasil belajar siswa. Masih banyak siswa yang memperoleh nilai yang tidak memenuhi nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Penelitian ini difokuskan pada upaya peningkatan berpikir kritis siswa melalui penerapan model Discovery Learning. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan gambaran kemampuan berpikir siswa dalam kegiatan pembelajaran dengan menggunakan model discovery learning. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Penelitian Tindakan Kelas yang mengadaptasi model Kemmis dan Mc. Taggart. Penelitian ini dilaksanakan dengan dua siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa-siswi kelas V-A SDN Pasir Nengre yang berjumlah 22 orang. Berdasarkan hasil penelitian yang dilaksanakan di SDN Pasir Nengre Kabupaten Bandung, penggunaan model discovery learning dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa, ini dibuktikan dengan adanya peningkatan pada siklus I rata-rata aspek bertanya sebesar1,42 dan siklus kedua menjadi 2,2, aspek menjawab sebesar 1,52 menjadi 2, dan aspek menganalisis rata-ratanya 1,1 menjadi 1,5. Hal ini menandakan siswa sudah mampu berpikir kritis, dan terlihat siswa sudah berani bertanya dan menjawab serta menganalisis. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, penerapan model discovery learning pada pembelajaran IPS materi keragaman suku bangsa dan budaya dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Maka dari itu, diharapkan model discovery learning dapat senantiasa diterapkan dalam pembelajaran IPS maupun dalam mata pelajaran lainnya. Kata Kunci: Model Discovery Learning,Kemampuan Berpikir Kritis

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2015
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 11 Aug 2016 20:09
Last Modified: 11 Aug 2016 20:09
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/8595

Actions (login required)

View Item View Item