RIZKA RACHMALIA, 115060282 (2016) MENINGKATKAN PARTISIPASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V PADA PEMBELAJARAN IPS MELALUI PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE PICTURE AND PICTURE. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
Text
Cover SKRIPSI.docx Download (22kB) |
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN.docx Restricted to Repository staff only Download (12kB) |
|
Text
MOTO DAN PERSEMBAHAN.docx Restricted to Repository staff only Download (12kB) |
|
Text
PERNYATAAN KEASLIAN.docx Restricted to Repository staff only Download (12kB) |
|
Text
ABSTRAK INDO.docx Download (14kB) |
|
Text
ABSTRAK ENGLISH.docx Download (14kB) |
|
Text
KATA PENGANTAR.docx Restricted to Repository staff only Download (14kB) |
|
Text
UCAPAN TERIMAKASIH.docx Download (19kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.docx Restricted to Repository staff only Download (25kB) |
|
Text
BAB 1.docx Download (25kB) |
|
Text
BAB II.docx Download (4MB) |
|
Text
BAB III.docx Restricted to Repository staff only Download (58kB) |
|
Text
BAB IV dan V.docx Restricted to Repository staff only Download (201kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.docx Download (15kB) |
|
Text
RIWAYAT HIDUP.docx Restricted to Repository staff only Download (209kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan partisipasi dan hasil belajar siswa kelas V terhadap pembelajaran IPS pada materi keberagaman suku bangsa dan budaya di Indonesia yang dilatar belakangi oleh masih rendahnya partisipasi dan hasil belajar siswa terhadap materi pembelajaran tersebut. Desain penelitian ini menggunakan model Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari II siklus. Setiap siklusnya meliputi tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terjadi peningkatan partisipasi dan hasil belajar siswa yang terlihat dari hasil belajar menunjukkan peningkatan di setiap tes. Hasil pretes menunjukan siswa yang mencapai nilai KKM hanya berjumlah sebesar 18,4%, sedangkan hasil postes siklus I menunjukan peningkatan 47,4%. Hasil postes siklus I menunjukkan peningkatan berjumlah sebesar 29,0% dari tes awal (pretes). Hasil postes siklus II menunjukkan peningkatan yang cukup signifikan, pada siklus II siswa yang mencapai nilai KKM sebanyak 86,8%, terjadi peningkatan sebesar 39,2% dari hasil postes siklus I. Sedangkan untuk hasil penilaian partisipasi siswa yang menyatakan dirinya berpartisipasi dalam belajar pada siklus I yaitu 69,02%. Pada siklus II 88,97% siswa menyatakan dirinya berpartisipasi dalam belajar. Artinya adanya peningkatan partisipasi yang dirasakan oleh siswa sendiri setelah mengikuti proses pembelajaran dengan menggunakan model pembelajan Picture and Picture. Sementara aktivitas siswa terhadap pembelajaran terlihat efektif, hal tersebut terlihat dari keaktifan siswa dalam proses pembelajaran, siswa berperan aktif dalam diskusi dan penggunaan media pembelajaran. Respon siswa terhadap pembelajaran sangat positif, siswa bersemangat dan merasa senang dalam pembelajaran dan mampu menguasai kelas. Dengan demikian kesimpulan dalam penelitian adalah peningkatan partisipasi dan hasil belajar siswa dari hasil pretes sampai pelaksanaan postes siklus I dan postes siklus II menunjukan peningkatan yang baik, hasil pelaksanaan postes siklus II menunjukkan siswa yang mencapai KKM sebanyak 86,8%, hal tersebut melebihi target yang ditentukan penulis yaitu 80%. Kata Kunci: Picture and Picture, Partisipasi, Hasil Belajar.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2015 |
Depositing User: | Iyas - |
Date Deposited: | 04 Aug 2016 13:25 |
Last Modified: | 04 Aug 2016 13:25 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/7919 |
Actions (login required)
View Item |