PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR (Penelitian Quasi Eksperimen Di kelas lV SDN 042 Gambir Bandung)

Fretysia, Miranty,205060008 (2024) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR (Penelitian Quasi Eksperimen Di kelas lV SDN 042 Gambir Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. COVER DEPAN.pdf

Download (267kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (423kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. ABSTRAK.pdf

Download (314kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB I.pdf

Download (413kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. BAB II.pdf

Download (782kB) | Preview
[img] Text
10. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (814kB)
[img] Text
11. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (822kB)
[img] Text
12. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (350kB)
[img]
Preview
Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (294kB) | Preview

Abstract

Ada beberapa persoalan dalam mata pelajaran pendidikan, diantaranya persoalan proses pembelajaran yang kurang baik yang menyebabkan rendahnya kemmapuan berpikir kritis. Berpikir kritis merupakan keterampilan esensial yang wajib dikuasai siswa guna membangun pengetahuan mereka yang dimulai sejak mengenyam pendidikan dasar. Kemudian, peneliti menjadikan rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa untuk diteliti. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan, peningkatan, dan pengaruh model problem based learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa di kelas IV SDN 042 Gambir. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode quasi experiment dengan desain penelitian nonequivalent control group design. Penelitian ini menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas yang diberikan perlakuan dengan menggunakan model Problem Based Learning (PBL) dengan kelas yang menggunakan model konvensional dan memiliki efek yang besar dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Hal tersebut dibuktikan oleh uji-t pada nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,019 < 0,05, sehingga dikatakan terdapat perbedaan yang signifikan dan memiliki efek yang besar dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa yang dibuktikan oleh uji effect size sebesar 1,35 dengan interpretasi dalam kategori tinggi. Sehingga peneliti mendapat kesimpulan bahwa terdapatnya pengaruh penggunaan model problem based learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas iv sekolah dasar. Kata kunci : Problem Based Learning, Berpikir kritis.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2024
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 31 Aug 2024 07:23
Last Modified: 31 Aug 2024 07:23
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/69669

Actions (login required)

View Item View Item